Berita Kota Surabaya

93 Panwascam Dilantik Bawaslu Surabaya, Langsung Awasi Tahapan Pemilu 2024

Hari ini kami juga berikan pembekalan kepada mereka jelang bertugas. Kami melibatkan beberapa stakeholder dalam pemberian materi

surya/bobby constantine Koloway
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya, M Agil Akbar melantik 93 petugas Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Surabaya, Kamis (27/10/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA – Sebanyak 93 petugas Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Surabaya mengikuti proses pelantikan, Kamis (27/10/2022). Usai dilantik, mereka langsung melaksanakan tugas pengawasan tahapan pemilu di 2024.

Proses pelantikan dipimpin langsung Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya, M Agil Akbar. ”Hari ini kami melantik 93 Panwascam dari 31 kecamatan di Surabaya. masing-masing kecamatan ada 3 orang,” kata Agil kepada SURYA ditemui usai acara.

Selain oleh penyelenggara pemilu, acara pelantikan juga dihadiri sejumlah stakeholder terkait. Mulai dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, hingga perwakilan Polres dan Kejaksaan.

Dengan adanya proses pelantikan tersebut, maka proses rekrutmen Panwascam di Surabaya tuntas. ”Untuk proses pembentukan Panwascam, pelantikan, dan pengambilan sumpah sudah,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya akan membentuk kesekretariatan di tingkat kecamatan. ”Seperti halnya periode sebelumnya, kesekretariatan di tingkat kecamatan juga akan diisi beberapa staf,” jelas Agil.

Selanjutnya, Panwascam akan langsung mulai bertugas untuk mengawasi tahapan pemilu 2024 di tingkat kecamatan. ”Masing-masing akan mulai bekerja untuk meminimalisir berbagai potensi kecurangan selama proses tahapan pemilu,” katanya.

”Hari ini kami juga berikan pembekalan kepada mereka jelang bertugas. Kami melibatkan beberapa stakeholder dalam pemberian materi,” katanya.

Selain itu, Panwascam juga bertugas untuk membentuk Panwaslu tingkat kelurahan. ”Kami masih menunggu arahan dari Bawaslu RI untuk tahapan rekrutmen Panitia Pengawas di tingkat kelurahan,” tandasnya.

Saat ini, satu di antara tahapan pemilu yang masih berlangsung adalah verifikasi faktual terhadap partai politik calon peserta pemilu 2024. Di Surabaya, ada 9 partai yang mengikuti verifikasi.

Sesuai jadwal, tahapan ini akan berlangsung hingga 4 November mendatang. Dalam verifikasi tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mendatangi satu persatu sample anggota berdasarkan alamat KTP yang diunggah Parpol ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Tak sendiri, Bawaslu Surabaya juga ikut mendatangi satu persatu alamat tersebut. Dari hasil sementara, KPU banyak menemukan warga yang tercatut dalam keanggotaan parpol. ***

Sumber: Surya
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved