Digadang-gadang Maju di Pilpres 2024, Sandiaga Uno Serahkan Pencalonan Kepada Parpol

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan dirinya siap jika diminta maju di Pilpres 2024. 

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri kegiatan Dialog Interaktif Entrepreneur Santri dan Ekonomi Kreatif yang digelar DPW PPP Jatim, Selasa (25/10/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sangat menghormati mekanisme internal partai politik (parpol) mengenai urusan Capres/Cawapres.

Jika pada saatnya nanti dia diminta maju di Pilpres 2024, Sandiaga Uno menyatakan dirinya siap. 

Pernyataan ini disampaikan pria yang akrab disapa Sandi itu, seusai dirinya menghadiri kegiatan Dialog Interaktif Entrepreneur Santri dan Ekonomi Kreatif yang digelar DPW PPP Jatim, Selasa (25/10/2022).

Dalam kegiatan di Kota Surabaya itu, Sandi banyak mendapat teriakan calon presiden dari kader PPP Jatim

"Untuk pilpres semua itu menjadi domain partai politik. Saya sebagai kader selalu mengutamakan fatsun politik, bahwa pilpres, penentuan calonnya ada di partai politik. Sementara pilihan ada di rakyat," kata Sandi saat dimintai tanggapan. 

Sandi tak banyak berkomentar lebih lanjut, ia hanya menegaskan, jika dirinya saat ini masih berfokus pada tugasnya sebagai menteri kabinet. Yakni, memastikan kebangkitan ekonomi utamanya pada ancaman resesi. 

Meski begitu, Sandi tak menutup peluang seandainya maju pada Pilpres mendatang.

"Tentunya kita sebagai orang yang ingin berkontribusi di NKRI, pada saatnya harus siap. Seandainya partai politik sudah menentukan pilihan," ucap Sandi. 

Nama Sandi di internal PPP Jatim sebelumnya telah muncul sebagai salah satu nama yang diusulkan kepada DPP sebagai hasil Mukerwil beberapa waktu lalu. Total ada 10 nama yang diusulkan PPP Jatim untuk nantinya dipertimbangkan oleh DPP partai. 

Selain itu, dalam agenda PPP Jatim banyak kader yang meneriakkan jika Sandi bisa menjadi pasangan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sandi menanggapi hal itu dengan jawaban diplomatis. Dia kembali menegaskan capres/cawapres menjadi urusan parpol. 

"Sekali lagi itu domain urusan partai politik. Tentunya kita harus memberi ruang pada parpol melakukan penjajakan dan pembicaraan pembentukan koalisi. Itu murni merupakan domain partai politik," tambah Sandi. 

Sementara itu, Ketua DPW PPP Jatim, Mundjidah Wahab mengatakan pihaknya bersedia untuk mengantar dan mendampingi Sandi jika ingin bersilaturahmi dengan kalangan pondok pesantren.

"Terutama, pesantren yang berafiliasi dengan PPP," kata Bu Mun, sapaan akrab Mundjidah Wahab

Terkait Pilpres mendatang, Bupati Jombang itu menilai memang Sandi termasuk yang layak maju kontestasi.

Mundjidah mengatakan, Sandi cocok untuk maju Pilpres 2024 mendatang. 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved