Berita Surabaya

Gandeng PD Pasar Surya, Bank Mandiri Perluas Digitalisasi Pasar Tradisional di Surabaya

Bank Mandiri menggandeng Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya dalam memperluas layanan pembayaran digital di pasar tradisional.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
Bank Mandiri
Penandatanganan kerja sama antara Bank Mandiri dan PD Pasar Surya untuk program digitalisasi dan CSR lomba Pasar Pasar Pahlawan 2022. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Bank Mandiri Tbk (Persero) atau Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 menggandeng Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya dalam memperluas layanan pembayaran digital di pasar tradisional.

Regional CEO PT Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3, Tri Nugroho, menyampaikan bahwa dengan adanya kerja sama yang telah terjalin tersebut diharapkan UMKM dan pedagang di pasar tradisional yang menjadi anggota PD Pasar Surya dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa menjadi pedagang yang naik kelas dan memiliki daya saing tinggi.

"Pandemi Covid-19 secara tidak langsung mendorong akselerasi adopsi teknologi digital di Indonesia. Nah sudah saatnya pasar tradisional juga memanfaatkannya," kata Tri, Kamis (13/10/2022).

Pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional saat ini perlu dikembangkan mengingat pentingnya peran pasar tradisional dalam pertumbuhan ekonomi sehingga nantinya pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern dengan cara memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli dalam bertransaksi.

"Teknologi dan digitalisasi bukan hanya mempermudah kehidupan masyarakat, tetapi juga merubah tatanan masyarakat," jelas Tri Nugroho.

Sesuai dengan program yang dicanangkan oleh BI, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan untuk menciptakan system pembayaran yang aman, efisien, dan lancar.

GNNT juga mampu meminimalisasi kendala dalam pembayaran tunai, seperti uang tidak diterima karena lusuh, sobek, tidak layak edar dan meningkatkan efisiensi saat transaksi di mana masyarakat tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar.

"Dengan demikian, dapat meningkatkan efektivitas transaksi dengan menghindari adanya kesalahan hitung atau human error. Pada gilirannya GNNT akan dapat mewujudkan ekosistem cashless society di lingkungan pasar di Surabaya," ungkap Tri Nugroho.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Bank Mandiri dengan Perusahaan Daerah Pasar Surya tersebut mencakup digitalisasi pasar, penyaluran kredit usaha untuk pedagang dan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR), untuk Lomba Pasar Pahlawan.

Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo, menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya PD Pasar untuk memulihkan perekonomian dengan teknologi digital pembayaran cashless (QRIS).

"Dengan pembayaran non-tunai itu, maka bakal makin memudahkan pedagang dan pengunjung. Sebab transaksi jual-beli bakal terhindar dari uang palsu atau uang tidak layak edar," jelas  Agus.

Dia juga menegaskan, sudah saatnya pedagang naik kelas.

Direktur Teknik Usaha PD Pasar Surya Suhendro, menambahkan, kerja sama ini sejalan dengan program PD Surya untuk menggeliatkan perekonomian di pasar tradisional.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved