Berita Situbondo

Dua Pekan, Polres Situbondo Bekuk Sembilan Pelaku Tindak Pidana Kriminal

Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Situbondo berhasil menangkap sembilan pelaku tindak pidana kriminal dalam dua pekan.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/izi hartono
Kapolres AKBP Andi Sinjaya saat merilis pengungkapan operasi Sikat Semeru di Mapolres Situbondo, Kamis (6/10/2022). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Kepolisian Resort Situbondo berhasil mengungkap kasus kriminalitas yang meresahkan masyarakat Kabupaten Situbondo.

Dalam dua pekan Operasi Sikat Semeru 2022, Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) berhasil menangkap sembilan pelaku tindak pidana kriminal.

Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya mengatakan, target operasi Sikat Semeru ini, di antaranya kasus pencurian dan kekerasan serta pemberatan dan bentuk penyakit masyarakat.

"Dari 14 laporan polisi yang diterima, Sat Reskrim berhasil menangkap sembilan orang pelaku," ujar AKBP Andi Sinjaya di Mapolres Situbondo, Kamis (6/10/2022).

Dari sembilan pelaku yang ditangkap, enam pelaku terlibat kasus pencurian dan pemberatan, dua pelaku terlibat curanmor, dan satu pelaku terlibat kasus perjudian.

"Pengungkapan kasus ini sudah melampau target," ucapnya.

Dari sembilan pelaku, AKBP Andi menjelaskan, seorang pelaku terlibat kasus kriminal dengan enam tempat kejadian perkara berdasarkan laporan polisi.

"Tersangka Diki Bagus terlibat kasus curanmor enam laporan polisi," jelasnya.

Selain menangkap para pelaku, lanjut AKBP Andi, pihaknya berhasil sejumlah barang bukti.

Di antaranya, tiga unit sepeda motor, dua buah kunci leter T, satu buah stang, satu buah pisau, satu buah sarung, satu pasang sandal jepit, satu unit mesin diesel, dan empat unit handphone.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyita sebuah dompet warna hitam, jaket warna hitam, sepasang sepatu warna hitam, satu buah tabung LPG 3 kilogram, satu unit kabel lampu, puluhan pack rokok berbagai merk, dan uang tunai Rp 7.245.000.

"Kami juga menyita empat buah kayu penyangga bak cap jie kie, satu bak cap jie kie, enam bola cap jie kie, satu terpal, satu kantong kain warna merah, empat alas duduk, empat kursi duduk,”beber

Untuk pelaku curanmor, pihaknya akan menjerat pelaku dengan pasal 363 ayat 1 jo 53 KUHP, sedangkan kasus perjudian dijerat Pasal 303 Ayat 1 ke 2 KUHP,”

"Alhamdulillah ini terungkap seluruhnya, bahkan ini melebih target operasi yang ditentukan SatReskrim," kata mantan Kapolres Engrekang, Sulawesi Selatan ini.

Untuk menekan atau meminimalisir terjadinya kriminalitas, kata AKBP Andi, pihaknya akan mengerahkan seluruh satuan fungsi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui Banhinkantibmas.

"Dengan adanya sosialisasi bisa mencegah terjadi tindak pidana atau kejahatan, sedangkan upaya preventif dengan patroli di lokasi rawan kriminalitas," pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved