Berita Tuban

Waspada Cuaca Buruk, BMKG Tuban: Masuk Peralihan Musim Hujan

BMKG Tuban: Untuk wilayah Tuban sudah masuk masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Hujan yang melanda di wilayah Kabupaten Tuban. Berdasarkan pengamatan dan pantauan BMKG selama dua minggu terakhir, untuk wilayah Tuban sudah masuk masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.  

SURYA.CO.ID, TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengingatkan masyarakat agar waspada cuaca buruk

Pasalnya, saat ini tengah memasuki pergantian musim dari kemarau ke hujan. 

"Kami mengingatkan warga agar berhati-hati saat cuaca buruk, ini peralihan musim," kata Kepala kelompok teknisi (Kapoksi) BMKG Tuban, Zumrotul dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022). 

Ia menjelaskan, berdasarkan pengamatan dan pantauan selama dua minggu terakhir, untuk wilayah Tuban sudah masuk masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Di masa peralihan biasa terjadi cuaca buruk, seperti hujan disertai petir dan angin kencang, cuaca buruk juga bisa berubah secara tiba-tiba.

Wilayah Tuban secara umum terdapat potensi hujan, yang diprakirakan terjadi pada tanggal 30 September hingga 06 Oktober 2022.

"Dikarenakan sudah memasuki musim hujan, frekuensi turunnya hujan akan sering dan bervariatif mulai ringan hingga lebat. Kondisi seperti ini diprakirakan akan sering terjadi di masa peralihan atau pancaroba," ungkapnya. 

Ia berharap masyarakat memahami potensi bencana di wilayah, dengan mengingat kembali jenis bencana apa yang pernah terjadi sebelumnya. 

Jika pernah terjadi banjir, maka lakukan mitigasi dini untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut. 

Segera tebang ranting pohon untuk mengurangi gesekan dengan angin, semakin tinggi pohon maka potensi untuk tumbang akibat angin kencang semakin tinggi pula. 

"Hujan lebat dapat meningkatkan potensi meluapnya air sungai hingga terjadi banjir, angin kencang juga bisa membahayakan," pungkas Zumrotul.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved