Berita Pasuruan

H-1 Haul KH Abdul Hamid di Kota Pasuruan, Ribuan Pasukan Gabungan Siap Mengamankan

Apel bersama ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam menjalankan pola pengamanan haul

surya.co.id/galih lintartika
Apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan haul KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar ke-41 yang akan dilaksanakan Rabu (5/10/2022) 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan haul KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar ke-41 yang akan dilaksanakan Rabu (5/10/2022) digelar di lapangan Wicaksana Laghawa Polres Pasuruan Kota.

Pasukan pengamanan ini berkekuatan sebanyak 1.025 personil gabungan yang terdiri dari beberapa unsur seperti kepolisian, TNI, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Banser, dan beberapa unsur lain yang juga dilibatkan dalam operasi pengamanan tersebut.

Apel bersama ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam menjalankan pola pengamanan haul yang diprediksi akan dihadiri lebih dari 50 ribu jamaah.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari yang menjadi ketua satgas pengamanan Haul Kiai Hamid ke 41 menyampaikan kepada seluruh pasukan gabungan untuk bertugas secara profesional dan mengedepankan tindakan persuasif.

"Saya mohon kepada seluruh pasukan yang terlibat dalam pengamanan bertugas secara profesional dalam melaksanakan tugas mulia ini. Kedepankan tindakan persuasif bukan arogansi" ujar Kapolres

Kapolres juga menyebut pihaknya tidak akan under estimate dalam mempersiapkan pola pengamanan jalannya haul karena menurutnya segala kerawanan dapat terjadi dengan tidak terduga.

"Meskipun nanti akan dibanjiri jamaah santri, tetap kita harus berkonsentrasi penuh. Tetap ada kerawanan seperti tindakan kriminal, kemacetan atau gesekan lain", ujarnya.

Pihaknya memprediksi gelombang kedatangan jamaah haul akan mulai membanjiri Kota Pasuruan mulai Selasa (4/1/2022) malam untuk mengikuti beberapa rangkaian acara sebelum puncak pelaksanaan haul keesokan harinya.

"Kami all out dengan menyiagakan anggota pasukan pengamanan di 49 titik yang akan dijaga berdasarkan pembagian skala ring satu hingga ring tiga. Fokus utama pengamanan ada di ring satu sekitar Pondok Salafiyah. Di area yang masuk ring satu nantinya harus steril dan tidak boleh ada mobilitas kendaraan apapun kecuali undangan VIP dan VVIP" ucapnya.

Kapolres juga menegaskan bahwa dalam operasi pengamanan ini tidak memperbolehkan satuannya untuk membawa senjata api.

"Tolong masing masing komandan mengingatkan anggotanya apabila ada yang membawa senjata api dalam operasi ini" pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved