Berita Surabaya

Ratusan Siswa KB, TK dan SD Al Falah Kota Surabaya Ikuti Manasik Haji Cilik

Kegiatan manasik haji ini diikuti sekitar 350 siswa KB TK dan siswa kelas 1 dan 2 SD Al Falah Surabaya.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/sulvi sofiana
KB TK Al Falah Surabaya berkolaborasi dengan SD Al Falah Surabaya menggelar manasik haji cilik di Taman Bungkul Surabaya pada Sabtu (1/10/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - KB TK Al Falah Surabaya berkolaborasi dengan SD Al Falah Surabaya menggelar manasik haji cilik di Taman Bungkul Surabaya pada Sabtu (1/10/2022).

Kegiatan manasik haji ini diikuti sekitar 350 siswa KB TK dan siswa kelas 1 dan 2 SD Al Falah Surabaya.

Kegiatan ini dibuka dengan Khutbah Wukuf oleh Direktur Lembaga Pendidikan Al Falah (LPF) Surabaya, Ustad Jusa Indrawan.

Dalam khutbahnya, Ustad Jusa memberikan semangat dan menanamkan ke siswa rasa cinta kepada Allah SWT serta Rasullullah SAW dengan cara mengikuti kegiatan manasik haji.

Menariknya, acara dilanjutkan dengan pagelaran sosiadrama yang bercerita sejarah Nabi Ibrahim ketika membangun Kakbah.

Kepala KB TK Al Falah Surabaya, Rina Rahayu menuturkan, pada manasik haji itu, siswa semangat mengikuti prosesi Miqot, Wukuf, menginap di Mina, Musdalifah.

"Kemudian melempar jumroh, dilanjutkan siswa masuk ke Masjidil Haram, Thawaf, Sai dan Tahalul. Sehingga anak mengenal proses haji itu lengkap," ungkapnya.

Diakui Rina, manasik haji cilik ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun di KB TK. Namun, lanjutnya, dua tahun ini tidak dilaksanakan karena pandemi.

"Sekarang kan sudah kondusif, maka kita adakan lagi. Kami berfikir, dua tahun lalu lulusan TK KB Al Falah yang sebagian besar masuk di SD Al Falah, belum mendapatkan pengalaman manasik haji. Maka saat ini kita ajak SD berkolaborasi dalam manasik haji," sambungnya.

Kegiatan manasik ini dalam rangka menanamkan keimanan sejak dini. Mulai kecintaan kepada Allah dan Rasulullah. Diharapkan dari kegiatan manasik, siswa bisa mengamalkan rukun Islam haji.

"Sehingga mereka bisa mengamalkan dan mendapatkan pengalaman proses haji," terangnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved