Berita Surabaya

BMKG Minta Masyarakat Surabaya Waspadai Fenomena Gelombang Rossby

BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat wilayah Jawa Timur memasuki musim pancaroba.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Belasan tenda roboh diterjang angin dalam acara Surabaya Kite Festival, Sabtu (1/10/2022). BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengingatkan kewaspadaan kepada masyarakat perihal masuknya musim pancaroba. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat wilayah Jawa Timur memasuki musim pancaroba.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Fajar Setiawan mengatakan saat ini memang sedang musim peralihan. Potensi hujan sedang pada sore hari, dapat terjadi dalam 3 hari ke depan.

"Penyebabnya karena sekarang sedang ada fenomena Gelombang Rossby. Serta adanya daerah konvergensi di wilayah Jawa Timur," ujarnya, Sabtu (1/10/2022).

Selain itu, lanjut Fajar, suhu permukaan laut di perairan Jawa Timur masih cukup hangat dengan anomali antara +0.5 hingga +2.5ºCelsius. Serta masih adanya fenomena La Nina lemah.

"Sehingga adanya gangguan atmosfer yang cukup signifikan tersebut, menyebabkan kondisi atmosfer menjadi labil. Sehingga, berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang akan semakin intens," terangnya.

"Kemudian juga dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat," sambung Fajar.

Fajar berharap, dimohon masyarakat untuk lebih menjaga daya tahan tubuh karena perubahan cuaca yang terjadi. Selain itu, untuk lebih berhati hati saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan. 

"Karena potensi cuaca buruk akan lebih sering terjadi pada saat musim pancaroba," tandas Fajar.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved