Berita Kediri

Ada Makna Filosofi Dibalik Kain Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri

Peluncuran buku tenun ikat bertajuk "Menjalin Harmoni Menjaga Tradisi" diikuti para perajin tenun ikat di Kota Kediri.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Kantor Disperdagin bersama Dekranasda Kota Kediri meluncurkan buku tenun ikat di arena Harmoni Fair GOR Jayabaya, Jumat (30/9/2022). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama Dekranasda Kota Kediri meluncurkan buku tenun ikat di arena Harmoni Fair.

Peluncuran buku tenun ikat bertajuk "Menjalin Harmoni Menjaga Tradisi" diikuti para perajin tenun ikat di Kota Kediri.

Tenun ikat Bandar Kidul merupakan produk unggulan kebanggaan Kota Kediri.

Namun masih segelintir orang yang memahami sejarah dan makna dibalik wastra lokal ini.

Tanto Wijohari, Kepala Disperdagin Kota Kediri menjelaskan, sudah lama buku dipersiapkan dengan matang sebagai sarana edukasi budaya dan sejarah Kota Kediri.

"Kami sudah menyiapkan buku ini sejak lama bersama dengan Dekranasda Kota Kediri. Sempat beberapa kali mengalami revisi dan penyempurnaan hingga akhirnya hasil finalnya bisa diluncurkan," jelasnya.

Diungkapkan, lamanya proses penyusunan karena ingin menghadirkan sebuah literatur yang valid sebagai penyambung benang merah sejarah yang mungkin sempat terputus.

"Tenun ikat Bandar Kidul adalah warisan budaya dan sejarah Kota Kediri yang sakral sehingga dalam penyusunan literatur ini benar-benar harus digarap dengan maksimal sebagai sumber edukasi masyarakat," jelasnya.

Buku dengan tebal 150 halaman ini memuat sejarah kain tenun ikat Bandar Kidul Kota Kediri, bahan-bahan penyusun, Dhoho Street Fashion, hingga profil perajin tenun ikat Kota Kediri.

Saat peluncuran ada bedah isi buku tenun ikat ini bersama dengan perajin tenun ikat senior, Siti Rukoyyah dan perancang grafis buku, Ronny Setiyawan.

Buku tenun ikat ini akan disalurkan pula ke perpustakaan Kota Kediri.

Sehingga tujuan dari pembuatan buku sebagai sumber literasi dapat tercapai.

Masyarakat dapat mengunduh E-Book Tenun Ikat 'Menjalin Harmoni, Menjaga Tradisi' secara gratis melalui tautan http://bit.ly/BukuTenunIkat2022.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved