Berita Gresik

Proses Peradilan Lebih Mudah Lewat e-Berpadu, Terobosan PN Gresik untuk Perbarui Semua Layanan

aplikasi e-Berpadu merupakan aplikasi berbasis website yang terintegrasi untuk pengolahan dan pertukaran dokumen

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sugiyono
Kegiatan sosialisasi e-Berpadu dari jajaran Pimpinan Pengadilan Negeri Gresik kepada seluruh stakeholder di Kantor PN Gresik, Kamis (29/9/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Pengadilan Negeri (PN) Gresik meluncurkan aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-Berpadu) untuk memudahkan pelayanan antar instansi tanpa harus datang ke Kantor Pengadilan Negeri/Pengadilan Hubungan Industrial Gresik, Kamis (29/9/2022).

Ketua PN/Peradilan Industrial Kelas 1A Gresik Agus Walujo Tjahjono, mengatakan, aplikasi e-Berpadu merupakan aplikasi berbasis website yang terintegrasi untuk pengolahan dan pertukaran dokumen administrasi perkara pidana dengan instansi.

"Aplikasi ini untuk memudahkan koordinasi antar aparat penegak hukum Kejaksaan dan Kepolisian," kata Agus didampingi wakil ketua PN Gresik, Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja dan hakim Bagus Trenggono.

Fitur e-Berpadu meliputi berkas penyitaan, berkas penggeledahan, perpanjangan penahanan, pelimpahan berkas perkara, izin besuk dan permohonan pinjam pakai barang bukti.

"Seperti, pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, permohonan izin/persetujuan pengeledahan secara elektronik, perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin besuk secara elektronik dan sebagainya," imbuhnya.

Menurut Agus, pengembangan aplikasi e-Berpadu ini sesuai arahan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk melakukan percepatan administrasi perkara pidana. "Hal ini penting, karena dengan modernisasi berbasis TI (Teknologi informasi), transparansi dan akuntabilitas, maka akan merebut kepercayaan masyarakat," katanya.

Agus menambahkan, bentuk intregarasi aplikasi ini meng-update semua pelayanan. "Ini jelas bentuk sinergitas, antara Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, BNN dan Lapas. Jika masyarakat perlu putusan pengadilan, tidak perlu datang ke pengadilan. Kami akan mengirimkann melalui aplikasi ini. Ke depan, aplikasi ini lebih mudah," tandasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved