Pemilu 2024

Minim Pendaftar Perempuan, Bawaslukab Lamongan Perpanjang Pendaftaran Calon Panwascam

Jumlah pendaftar calon anggota Panwascam kini mencapai 385 orang, meliputi 307 laki- laki dan 78 perempuan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/hanif manshuri
Kesibukan di Kantor Bawaslukab Lamongan, Rabu (28/9/2022) 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pendaftar calon anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam) di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan, hingga Selasa (27/9/2022) belum memenuhi 30 persen perwakilan perempuan.

Dan tercatat pendaftar mencapai 385 orang, namun kuota untuk perempuan belum terpenuhi.

Sesuai ketentuan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu serentak tahun 2024, pendaftaran wajib memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan.

Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar mengungkapkan, jumlah pendaftar calon anggota Panwascam kini mencapai 385 orang, meliputi 307 laki- laki dan 78 perempuan.

"Pendaftar calon anggota Panwascam belum memenuhi 30 persen perwakilan perempuan. Bahkan, di beberapa kecamatan ada yang sama sekali belum ada pendaftar perempuanya," ujar Badar, saat dihubungi wartawan, Rabu (28/9/2022).

Diungkapkan, ada 8 kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen perempuan dalam pendaftaran Panwascam di antaranya, Kecamatan Madurn Brondong, Paciran, Solokuro, Mantup, Karanggeneng, Kalitengah, dan Karangbinangun.

Karena itu, Bawaslu Lamongan akan memperpanjang masa pendaftaran, agar kuota 30 persen pendaftar calon panwascam perwakilan perempuan ini bisa terpenuhi.

Perpanjangan masa pendaftaran selama 5 hari kerja, terhitung mulai tanggal 2 hingga 8 Oktober 2022.

"Perpanjangan ini nanti akan kita umumkan pada 1 Oktober 2022," kata Badar.

Badar berharap, para kaum Hawa untuk emansipasi dan yang memiliki kesesuaian persyaratan dalam rekrutmen untuk segera ikut mendaftar.

Persyaratan calon anggota Panwaslu Kecamatan, yaitu WNI berusia minimal 25 tahun yang berdomisili di wilayah Kabupaten Lamongan dibuktikan dengan KTP elektronik, pendidikan minimal lulusan SMA dan sederajat, tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, dan tidak pernah dipidana penjara lima tahun atau lebih.

"Kami ingin ada srikandi-srikandi di Lamongan yang ikut menjaga pesta demokrasi tahun 2024 ini," tandasnya.

Pendaftaran calon anggota Panwascam ini dibuka sejak tanggal 21 hingga 27 September 2022.

Kini, Bawaslu Lamongan masih melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam.

Dan hasil tes setiap Kecamatan akan dipilih 6 orang teratas. Selekasi calon anggota Panwascam sama seperti sebelumnya, yakni menggunakan tes berbasis computer atau aplikasi computer assisted test (CAT) secara terpusat, sehingga peserta bisa mengetahui langsung hasil tes tertulis yang telah dikerjakan.

Selanjutnya calon anggota Panwascam yang akan dipilih enam besar tersebut masih harus menjalani tes wawancara untuk memilih tiga orang yang akan mulai bekerja pada awal Oktober 2022.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved