Berita Nganjuk

Jumlah Calon Anggota Panwascam Lampaui Kuota, Bawaslu Nganjuk Belum Pastikan Semua Lolos Seleksi

Karena tidak tertutup kemungkinan anggota Panwascam perempuan tersebut tidak memenuhi persyaratan dan gagal dalam seleksi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Sejumlah pendaftar calon anggota Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Sebanyak 413 dokumen pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan mulai melalui proses penelitian kelengkapan berkas. Hal ini seiring telah ditutupnya masa pendaftaran calon Panwaslu Kecamatan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Abdul Syukur Junaidi menjelaskan, Bawaslu memastikan tidak ada perpanjangan masa pendaftaran anggota Panwascam. Ini setelah pendaftar anggota Panwascam telah mencukupi.

"Justru jumlah pendaftar anggota Panwascam melebihi dari kuota yang ada, sehingga kami tidak memperpanjang masa pendaftaran," kata Abdul Syukur, Kamis (29/9/2022).

Dijelaskan Abdul Syukur, total pendaftar calon anggota Panwascam di Bawaslu Nganjuk tersebut juga telah melebihi batas minimal pendaftar perempuan yaitu sebanyak 30 persen. Hanya saja, meski pendaftar perempuan calon anggota Panwascam telah memenuhi ketentuan bukan berarti mereka lulus seleksi.

Karena tidak tertutup kemungkinan anggota Panwascam perempuan tersebut tidak memenuhi persyaratan dan gagal dalam seleksi.

"Makanya, kami saat ini belum dapat memastikan apakah peserta perempuan yang mendaftar sebagai calon Panwaslu Kecamatan lulus semuanya untuk memenuhi kuota perempuan atau tidak," terang Abdul Syukur.

Namun yang pasti, dikatakan Abdul Syukur, pendaftar calon anggota Panwascam di Nganjuk telah melebihi kuota. Di mana untuk setiap kecamatan hanya ada tiga anggota Panwascam, sehingga dari 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk dibutuhkan 60 anggota Panwaslu.

Sedangkan untuk jumlah pendaftar calon Panwascam terbanyak di Kecamatan Tanjunganom yaitu 40 pendaftar. Dan untuk pendaftar terkecil dari Kecamatan Jatikalen yaitu 11 orang.

"Untuk pendaftar calon anggota Panwascam terbanyak di Tanjunganom, karena wilayah dan jumlah pemilihnya paling banyak di Kabupaten Nganjuk," tutur Abdul Syukur. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved