Berita Sidoarjo

Wabup Sidoarjo Subandi: Sekolah Dasar Butuh Perpustakaan Ramah Anak

Subandi berharap perpustakaan dimanfaatan dengan baik. Ia yakin akan tumbuh anak-anak yang gemar membaca dan mempunyai kreatifitas yang lainnya

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi saat menghadiri peresmian Perpusatakaan Ramah Anak di SDN Ngigas, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu (28/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJOPerpustakaan Ramah Anak harusnya ada setiap sekolahan. khususnya di sekolah tingkat dasar.

Karena, anak-anak atau para pelajar perlu mendapat fasilitas yang sesuai dengan kebutuhannya untuk meningkatkan literasi.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi di sela menghadiri acara pembukaan Perpustakaan Ramah Anak “Ceria” di SDN Ngingas, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu(28/9/2022).

Keberadaan Perpustakaan Ramah Anak diyakini sangat dibutuhkan para siswa. Selain sebagai media pembelajaran, perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai sarana menumbuhkan minat baca dan kreatifitas siswa.

“Oleh karenanya perpustakaan di sekolah khususnya di tingkat SD harus ramah dengan anak. Artinya buku referensi dan sumber belajar yang ada di perpustakaan ini harus bisa memberikan nilai tambah berupa pengetahuan untuk anak. Khusus buku cerita tentang pendidikan karakter harus diperbanyak, tapi tidak boleh lupa buku yang bahas Sidoarjo pun harus ada di sini," pesan Subandi.

Gedung Perpustakaan Ramah Anak sendiri, sengaja dibangun untuk menjadikan anak sebagai pembaca yang baik dan berprestasi. Hadirnya Perpustakaan Ramah Anak dapat mengembangkan kebiasaan membaca dan menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap buku, dan mempercepat proses penguasaan teknik membaca.

"Peningkatan inovasi di dunia pendidikan terhadap perkembangan teknologi sangat luar biasa, anak-anak saat ini tidak asing dalam menggunakan gadget untuk bermedia sosial dan sebagainya. Dengan hadirnya inovasi Perpustakaan Ramah Anak di sekolah, setidaknya budaya gemar membaca dapat meningkat," ujarnya.

Subandi berharap perpustakaan betul-betul dimanfaatan dengan baik. Dengan begitu ia yakin akan tumbuh anak-anak yang gemar membaca dan mempunyai kreatifitas yang lainnya. Melalui membaca, pengetahuan dan wawasan anak-anak akan semakin luas.

"Saya yakin, insya Allah anak-anak ini yang menggunakan handphone dapat berkurang dengan kegemaran membaca. Mari kita bersama-sama sepenuh hati membantu membuka jendela mereka lebar-lebar untuk melihat dunia seluas-luasnya melalui gemar membaca,” ajaknya.

Sementara, Kepala SDN Ngingas, Ahmad Anwar dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Sidoarjo yang telah bekerja sama dengan LSM Mutiara Rindang untuk meningkatkan literasi anak dengan berbagai program dan metode menarik.

“Kami juga menyampaikan terima kasih untuk komite sekolah yang sudah mendukung kegiatan program Perpustakaan Ramah Anak Ceria di SDN Ngingas ini. Semoga semua berjalan baik, dan perpustakaan ini benar-benar bermanfaat untuk para siswa,” katanya.

Di sela acara pembukaan perpustakaan itu, sejumlah siswa juga menampilkan kebolehannya. Termasuk membaca puisi, paduan suara, tari tradisional dan semaphore dance sebagai sambutan kepada para tamu yang hadir.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved