Berita Surabaya

Unesa Surabaya Kukuhkan 4 Guru Besar Baru, Ada Pakar Bola Basket Hingga Ikan Lele

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengukuhkan empat guru besar atau profesor baru.

Penulis: Zainal Arif | Editor: irwan sy
Unesa
Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengukuhkan empat guru besar atau profesor dalam Rapat Terbuka Senat yang diselenggarakan di Lantai 9, Gedung Pascasarjana, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Rabu (28/9/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengukuhkan empat guru besar atau profesor baru dalam Rapat Terbuka Senat yang diselenggarakan di Lantai 9, Gedung Pascasarjana, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Rektor UNESA, Prof Dr Nurhasan MKes, mengapresiasi pencapaian guru besar tersebut.

"Menjadi profesor melalui keputusan presiden itu tidaklah mudah dan tidak semua dosen bisa menyandang gelar profesor," kata Rektor yang biasa disapa Cak Hasan itu.

Hanya mereka yang punya karya, keseriusan dan komitmen memajukan bangsa dan negara yang bisa mendapatkannya.

“Guru besar bukan akhir dari pencapaian karir seorang dosen, tetapi justru menjadi spirit baru dalam melahirkan karya-karya yang lebih brilian dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” ucap Cak Hasan.

Peran guru besar sangat penting dalam mendorong dan menciptakan iklim inovasi dalam negeri.

Mereka adalah pelopor inovasi melalui pengembangan keilmuan, riset, dan pengabdian.

Perubahan mindset, pengembangan budaya akademik, pemanfaatan teknologi untuk riset-riset yang bermanfaat bagi masyarakat menjadi syarat penting untuk kemajuan UNESA.

“Gelar profesor bukan untuk gagah-gagahan, tetapi sebuah penanda bahwa pemegangnya adalah orang terdidik, ilmuwan yang berdedikasi tinggi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia. Masyarakat menanti peran dan kontribusi guru besar UNESA,” tegasnya.

Cak Hasan berharap, guru besar baru ini menjadi semangat baru bagi UNESA dalam melahirkan riset dan publikasi bertaraf internasional, ide, gagasan dan karya-karya inovatif dan turut aktif memajukan bangsa dan negara untuk Indonesia maju dan unggul.

“Selamat dan sukses untuk guru besar baru UNESA,” tutupnya.

Adapun guru besar yang dikukuhkan itu, diantaranya yang pertama, Prof Dr Drs Abdul Rachman Syam Tuasikal M Pd sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Olahraga (FIO).

Guru besar satu ini banyak meneliti seputar bola basket, mulai dari media dan metode pembelajaran, hingga mengembangkan sistem monitoring pengambilan keputusan wasit bola basket.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved