Persebaya Surabaya

Analisis Persebaya - Jangan Takut dan Merasa Kalah Sebelum Tanding Lawan Arema FC

Duel Arema FC vs Persebaya dipastikan akan berjalan seru dan ketat. Rivalitas tinggi kedua tim jadi bumbu panas jalannya Liga 1 2022-2023

Editor: Fatkhul Alami
Instagram: Official Persebaya
Gelandang serang persebaya Marselino Ferdinan (kanan) dan striker Arema FC Dedi Setiawan akan kembali tanding di derbi Jatim pada Liga 1 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan, Kabuoaten Malang, Sabtu (1/10/2022) 


Analisis FATKHUL ALAMY, Wartawan Surya

SURYA.co.id | SURABAYA - Tantangan besar harus dihadapi Persebaya saat melakoni lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, yakni melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Bajul Ijo -julukan Persebaya- butuh persiapan dan mental tanding tinggi
menghadapi derbi Jawa Timur (Jatim) ini.

Duel Arema FC vs Persebaya dipastikan akan berjalan seru dan ketat. Rivalitas tinggi kedua tim setiap bertemu akan menjadi bumbu panas jalannya pertandingan lanjutan Liga 1 2022-2023. Bukan pekerjaan mudah bagi Persebaya menghadapi laga tandang ini.

Arema FC sebagai tuan rumah dipastikan tidak akan rela sang tamu tampil leluasa dan mempermalukannya di hadapan pendukungnya, Aremania. Kemenangan sudah pasti menjadi harga mati bagi Singo Edan.

Apalagi Arema FC sedang lapar kemenangan setelah sukses menang 1-0 saat melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kota Kediri. Hasil ini menjadi modal dan menambah rasa percaya diri Singo Edan bermain garang guna mencaplok Persebaya.

Pelatih Arema FC, Javier Roca juga punya motvasi ingin mempersembahkan kemenangan pertama di kandang. Taktik, strategi dan komposisi tim terbaik sudah pasti disiapkan pelatih asal Chile supaya bisa meraih kemenangan atas Persebaya.

Plus dukungan penuh Aremania bakal menjadi pemain ke-12 dalam duel derbi Jatim ini. Kemudian catatan dan fakta, Arema FC hampir 100 persen selalu memenangi kala menjamu Persebaya di Malang. Situasi ini yang harus dihadapi Bajul Ijo di Stadion Kanjuruan pada laga Liga 1 2022-2023 pekan ke-11.

Melihat gambaran tersebut, Persebaya butuh kesiapan mental tanding berlipat. Apalagi, hasil minor di tiga laga terakhir Bajul Ijo pada Liga 1 musim ini. Kalah beruntun dari Bali United, PSM Makassar dan Rans Nusantara.

Saya yakin, Aji Santoso sebagai pelatih, manajemen dan semua pemain Persebaya punya tekad untuk bangkit dan mengakhiri hasil minor musim ini. Lupakan hasil pertandingan laga sebelumnya. Saatnya untuk memperbaiki diri dan menunjukan jati dirinya sebagai tim yang disegani.

Aji Santoso, staf pelatih dan pemain Bajul Ijo pasti sudah menyiapkan langkah dan cara supaya bisa segera bangkit. Dalam sepakbola tidak ada hal yang tidak mungkin. Jika Persija Jakarta bisa mengalahkan Arema FC di Malang walau harus menunggu 19 tahun, hal serupa bisa saja dipetik Bajul Ijo.

Menurut saya, salah satu kunci yang harus dipegang adalah jangan takut dan merasa kalah sebelum bertanding. Tekad dan motivasi tersebut harus selalu tertanam di semua anggota tim Persebaya, terutama pemain di setiap pertandingan.

Persebaya dikenal sebagai tim yang wani, ngeyel dan ngosek. Karekter dan ciri khas itulah yang harus selalu bergelora dalam diri pemain dalam menghdapi lawan-lawannya.

Aji Santoso sebagai pelatih asal Malang sudah pasti tahu kelemahan dan kelebihan Arema FC. Eks pelatih Timnas Indonesia itu dipastikan sudah menganalisa dan menyiapkan stategi dan taktik yang pas untuk Persebaya guna bermain di Stadion Kanjuruhan.

Persebaya juga punya modal apik, yakni kekuatan tim akan lengkap saat melawan Singo Edan. Higor Vidal dan Leo Lelis yang sebelumnya absen lantaran cedera, mereka kondisinya sudah bugar dan pulih.

Amunisi Bajul Ijo makin mantap dengan gabungnya trio pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho, Koko Ari Araya dan Marselino Ferdinan. Mereka bakal siap usai membela Timnas Indonesia vs Curacao pada laga FIFA Matchday.

Dengan amunisi lengkap, secara teknis kekuatan Persebaya vs Arema FC akan berimbang. Sehingga mental tanding dan motivasi akan menjadi kunci untuk meraih hasil terbaik atau jadi pemenang. Siapa yang mental tanding dan motivasinya paling siap, ya itulah yang bakal menjadi pemenang laga nanti.

 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved