Berita Surabaya

Rayakan Hari Statistik Nasional 2022, BPS Jatim Ajak Gubernur Khofifah Tanam Mangrove

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menggelar perayaan Hari Statistik Nasional (HSN) dengan kegiatan menanam mangrove

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
sri handi lestari/surya.co.id
Kepala BPS Jatim Dadang Hardiwan bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat merayakan HSN 2022 dengan menanam bibit mangrove di Wisata Mangrove Medokan Ayu, Surabaya, Senin (26/9/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menggelar perayaan Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September, dengan kegiatan menanam mangrove, Senin (26/9/2022).

Kegiatan yang digelar di Wisata Mangrove Medokan Ayu, Surabaya Timur itu, ikut dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Kepala BPS Jatim Dadang Hardiwan mengatakan, perayaan HSN 2022 di Jatim bertema 'Nandur Mangrove'.

"Tapi tidak hanya menanam bibit mangrove, kami juga melakukan tebar benih ikan serta benur udang," kata Dadang.

Kegiatan dengan tema ini, jelas Dadang, digelar serentak dengan 38 BPS kabupaten dan kota se-Jatim.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri pada responden data, terutama responden yang berhubungan dengan aktivitas pertanian seperti tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, peternakan, kehutanan dan juga perikanan.

"Hal ini demi mensukseskan Sensus Pertanian yang akan dilakukan tahun depan,” ujar Dadang.

Kegiatan itu juga sebagai wujud kepedulian seluruh insan perstatistikan di Jatim pada kelestarian lingkungan hidup yang secara bersama-sama melakukan kegiatan sejenis baik penanaman bibit Mangrove, penghijauan pada beberapa jenis lahan serta pemberian bantuan pertanian seperti benih ikan maupun bibit tanaman produktif.

Di sisi lain, momen HSN ini menurut Dadang juga dijadikan sebagai momen untuk persiapkan kegiatan Sensus Pertanian tahun 2023.

Sensus dilakukan karena Jatim merupakan sentra pertanian atau lumbung pangan nasional.

"Tentunya membutuhkan potret data pertanian untuk perkembangan 2023 supaya program yang dibuat pemerintah, utamanya petani bisa lebih pas atau tepat. Sebagai lumbung pangan nasional, Jatim menempati titik krusial untuk bagaimana memberikan sumbangsih kepada Indonesia, baik dalam tanam pangan, peternakan, perikanan, kehutanan, hortikultura," beber Dadang.

Terkait pelaksanaan Sensus Pertanian akan dilaksanakan selama bulan Mei 2023.

Ada puluhan ribu petugas yang akan diterjunkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved