Piala Dunia U20 2023

Permintaan FIFA Usai Kunjungi Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Pasti Venue Piala Dunia U20 2023?

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya baru saja dikunjungi perwakilan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA)

Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Khairul Amin
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya saat menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, pada 14-18 September 2022. FIFA minta kualitas rumput lapangan Stadion GBT berstandar sepakbola internasional 

SURYA.co.id | SURABAYA - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya baru saja dikunjungi perwakilan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) belum lama ini. FIFA minta kualitas rumput lapangan sesuai standar sepakbola.

Perwakilan FIFA melakukan inspeksi ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Sabtu (24/9/2022) lalu. Saat itu Surabaya baru saja menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Selama berada du Surabaya, FIFA menyebut Venue Operation Control (VOC) Stadion GBT telah berstandar tinggi.

Selain itu juga kecepatan pembangunan jalan akses menuju Stadion GBT Surabaya yang sebelumnya menjadi catatan.

Selain itu, mereka meminta rumput GBT dibuat seperti standar sepakbola.

"Jadi, kemarin (Sabtu) dua tim dari FIFA. Satu tim meninjau infrastruktur dan tim kedua mengecek di lapangan," jelas Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widayati, dilansir Surya.co.id dari BolaSport.com.

"Kami harus mengoptimalkan kembali perawatannya sehingga rumput memiliki kualitas yang standar untuk sepak bola," jelas Wiwiek.

Wiwiek melanjutnkan, FIFA mengapresiasi kinerja Pemkot Surabaya dalam mempersiapkan Stadion GBT

Sejumlah catatan saat kunjungan FIFA pada Juli 2022 telah dibenahi.

Wakil Ketua Asprov PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin menjelaskan, hasil inspeksi FIFA akan diteruskan kepada PSSI dan Pemkot Surabaya untuk ditindaklanjuti.

"Sesuai dengan yang FIFA harapkan, untuk sepak bola yang paling utama adalah field of play (lapangan permainan)," beber Amir.

"Di luar ekspektasi mereka yang kira-kira (pengerjaan) itu bisa diselesaikan dalam waktu 6-7 bulan ternyata sudah selesai. Salah satunya adalah akses (jalan)," imbuhnya.

"Mudah-mudahan ini menjadi peluang yang lebih besar lagi dari kunjungan sebelumnya untuk Surabaya menjadi salah satu venue Piala Dunia," ujar Amir yang merupakan CEO Deltras Sidoarjo ini.

Amir menambahkan, FIFA terkesan melihat penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo yang berjalan dengan baik.

Bahkan, perwakilan FIFA yang datang ke GBT langsung melaporkan suasana pertandingan ke jajaran petinggi melalui pesan singkat.

"Antusias penggemar sepak bola di Surabaya masih diunggulkan oleh FIFA karena tujuan Piala Dunia U20 2023 digelar di mana pun adalah tentang impression venue (kesan terhadap lokasi)," tutupnya.

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved