Berita Surabaya

Kampung Pintar Oase Tembok Gede Bubutan Surabaya, Warga Ciptakan Robot dan Spot Foto Kekinian

Kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya menjadi salah satu kampung yang terus berinovasi guna menjadi kampung yang mandiri.

Penulis: Zainal Arif | Editor: irwan sy
zainal arif/surya.co.id
Ketua RT 03 Aseyan dan Desainer Robot Anang menikmati minuman di spot foto cafe outdoor Kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya yang berlokasi di RT 03 RW 02 Kelurahan Bubutan, Bubutan, Surabaya, Senin (26/9/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya menjadi salah satu kampung yang terus berinovasi guna menjadi kampung yang mandiri.

Warga dengan populasi 55 KK ini tetap aktif menanam berbagai macam tanaman sayur di halaman rumah seperti terong, cabai, tomat, sawi hingga kangkung.

Minimnya lahan, membuat warga menanam tanaman tersebut menggunakan media tanam hidroponik dan tabulampot.

Bahkan warga sampai memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan pot tanaman sayur seperti jeriken, botol bekas, hingga kaleng cat.

Total kini warga memiliki 150 pot tanaman sayur yang berjejer rapi di depan rumah warga.

Selain sayur, kampung ini juga dipenuhi dengan tanaman buah maupun tanaman toga.

Siapa saja yang memasuki kawasan RT 03/RW 02, Kelurahan/Kecamatan Bubutan, Surabaya, ini akan merasakan hawa sejuk dan asri.

Ketua RT, Aseyan mengatakan aksi urban farming yang dilakukan warganya adalah sebagai bentuk upaya ketahanan pangan.

"Kami berusaha memaksimalkan lahan yang ada, mulai dari pembibitan hingga panen semua warga terlibat. Setidaknya hasil panen tanaman ini dapat kami konsumsi sendiri," ujar Aseyan kepada SURYA.co.id, (26/9/2022).

Selain mandiri dalam melakukan urban farming, warga terus berusaha menarik minat warga luar untuk berkunjung ke kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya.

Hal itu yang kemudian mendorong warga menciptakan spot foto kekinian dengan kehadiran robot berbeda karakter.

Perlu diketahui, sebelumnya Kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya memiliki berbagai macam robot dengan kelebihan yang berbeda.

"Awalnya tiga robot, pertama robot Paijo yang dapat menyapu jalan, kedua robot Pintar sebagai penyambut tamu selamat datang, ketiga robot Delta yang dapat mengantar makanan. Kemudian ada dua robot baru yang terlihat seolah bermain gitar dan pembawa menu makanan," imbuhnya.

Kedua robot baru itu dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti pipa pvc, lampu taman, karet eva hingga kaleng.

Sementara untuk penggerak tangannya agar terlihat seolah-olah bermain gitar, Anang selaku desainer robot menggunakan dinamo kipas angin.

"Robot ini sebagai pemanis spot cafe outdoor yang akan kami buka nantinya, supaya warga dapat menjual beberapa produk UMKMnya seperti jamu lumpang, puding kelor dan lain sebagainya. Rencananya kalau sudah buka nanti hari Sabtu dan Minggu malam, kalau peminatnya banyak kami siap buka setiap hari," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved