Mendag Zulkifli Hasan Jamin Harga Minyak Goreng di Maluku dan Papua Sama

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas 36 kontainer Minyakita di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya melalui tol laut, Sabtu (24/9/2022). 

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Rahadian Bagus
surya.co.id/febriantoamadani
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, saat meninjau 36 kontainer Minyakita di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya melalui tol laut, Sabtu (24/9/2022). 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas 36 kontainer Minyakita di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya melalui tol laut, Sabtu (24/9/2022). 

Zulkifli mengatakan, pelepasan kontainer Minyakita dengan memanfaatkan program Gerai Maritim merupakan upaya Kemendag dalam melakukan percepatan pendistribusian minyak ke seluruh Indonesia. 

"Saya jamin Maluku dan Papua dapat harga yang sama. Ini kesekian kalinya, kami juga sudah kirim beberapa kali ke papua, lalu diteruskan berikutnya ke Jatim agar berkelanjutan, paling tidak semua lapisan masyarakat bisa dapat," ujarnya.

Dalam 36 kontainer itu, lanjut dia, total minyak yang dimuat dalam kontainer sebanyak 640.000 liter. Harga paling mahal dijual hanya Rp 14 ribu per liter. Ia optimis akan diminati oleh banyak pedagang dan masyarakat.

"Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga minyak goreng di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia. Khususnya, daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, pada tahap pertama, telah dilakukan pengiriman dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Kupang, Timika, dan Merauke dengan jumlah muatan sebanyak 40 kontainer atau 669,6 ton atau setara 744.000 liter.

Pada pengiriman ini, Kementerian Perdagangan kembali bekerja sama dengan ID Food, serta melibatkan PT Mahesi Agri Karya dan PT Priscolin sebagai penyedia MINYAKITA.

Pengiriman ini dilakukan melalui Trayek 10 dengan menggunakan KM Logistik Nusantara 5 sebanyak 36 kontainer atau 607 ton atau setara sekitar 674.400 liter dengan PT Pelni (Persero) sebagai operator.

Sumber: Surya
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved