Berita Kota Surabaya

Bosan ke Mal, Warga Surabaya Bisa Menjajal Kano, Jetski dan Berkuda di Destinasi Wisata Baru Ini

Sehingga, sinergitas seluruh elemen diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan maupun pengangguran di Kota Surabaya

surya/bobby constantine Koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mencoba wahana di Romokalisari Adventure Land resmi dibuka, Minggu (25/9/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Romokalisari Adventure Land resmi dibuka, Minggu (25/9/2022). Di tempat ini, ada 7 wahana yang bisa dinikmati. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meluncurkan secara langsung wahana yang berlokasi di dekat Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo Surabaya tersebut. Wali kota juga menempatkan untuk mencoba sejumlah wahana.

Cak Eri menjelaskan, wahana wisata Romokalisari Adventure Land menambah alternatif wisata di Kota Pahlawan. Khususnya, di kawasan Surabaya Barat. "Saudara-saudara di Surabaya maupun luar kota, silakan coba Adventure Land di Romokalisari yang sangat luar biasa ini. Silakan dilihat, buktikan keseruannya di sini," Cak Eri berpromosi.

Di tempat ini, ada tujuh wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Di antaranya wahana aksi seperti Arena Berkuda, ATV, kano dan sekoci hingga jetski. "Di sini sangat luar biasa karena bisa lewat tengah-tengah mangrove pakai kano. Jadi bisa merasakan indahnya mangrove dan indahnya alam di Surabaya," ungkap Cak Eri.

Selain itu, Romokalisari Adventure Land juga menyediakan wahana edukasi. Seperti halnya dengan adanya Playground dan Mini Zoo.

Di luar itu, pihaknya kini masih mengembangkan wahana kandang kelinci, kura-kura hingga domba hias. "Ada beberapa tempat yang harus diperbaiki. Jadi (launching) ini bukan yang terakhir, tetapi sebagai awal," imbuh Cak Eri.

Dengan dibukanya kawasan wisata ini, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini optimistis ekonomi bisa bergerak. Khususnya, bagi warga sekitar lokasi.

Apalagi Romokalisari Adventure Land itu melibatkan 100 orang Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebagai pekerja. "Sekalipun pengelolaannya oleh pemkot, namun hasilnya diberikan kepada masyarakat Surabaya yang bekerja di sini," terangnya.

Sehingga, sinergitas seluruh elemen diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan maupun pengangguran di Kota Surabaya. "Semoga hadirnya Romokalisari Adventure Land ini dapat membawa manfaat kepada masyarakat," ujar Cak Eri.

Selain membuka langsung destinasi wisata Romokalisari Adventure Land, ia bersama Ketua TP PKK Rini Indriyani juga sempat menjajal sejumlah wahana yang ada di sana. Seperti motor ATV, susur mangrove menggunakan perahu kano, hingga jetski.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menjelaskan, para pekerja merupakan warga Rusun Romokalisari serta kelurahan setempat.

"Ada 100 MBR yang terlibat. Seluruh kegiatan dikolaborasikan dengan MBR yang nanti hasil penjualan tiket akan diberikan ke MBR. Harapannya, MBR ini bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan," kata Antiek.

Romokalisari Adventure Land dibangun di atas lahan seluas 76.769 meter persegi. Sebagian dari lahan tersebut, telah dibangun wahana permainan, edukasi serta lapak stand. Ada berbagai produk UMKM yang juga dijual. "Di sini juga dilengkapi lapak ikan dengan aneka olahan ikan serta stand makan dan minum," papar Atiek.

Di luar itu, masih ada sejumlah spot wisata yang dikerjakan. Di antaranya kandang kelinci, kura-kura, dan domba hias hingga aneka taman.

"Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak. Semoga kegiatan ini bermanfaat mendukung program Wali Kota Eri Cahyadi bagaimana mewujudkan peningkatan perekonomian MBR," tandasnya. ****

 

 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved