Kuliner

Resep Makanan Rumahan Ala Pakar Kuliner Siska Soewitomo : Pikirkan Sesuatu yang Mudah

‘Mudah Bukan Membuatnya’ ungkapan yang kerap dilontarkan pakar kuliner legendaris Indonesia, Siska Soewitomo

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/nurika anisa
Pakar kuliner legendaris Indonesia Siska Soewitomo di Kafe Bromo by Sheraton Surabaya Hotel & Tower, Jumat (23/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA- ‘Mudah Bukan Membuatnya’ ungkapan yang kerap dilontarkan pakar kuliner legendaris Indonesia, Siska Soewitomo, saat menutup acara masak-memasaknya.

Bagi Siska, memasak memang mudah yang penting ada kemauan untuk mencoba dan memulainya dengan bahan yang mudah ditemukan.

“Kita jangan mikir yang macam-macam yang jauh, jadi apa yang ada di tempat, apa yang mudah didapat itu yang kita gunakan untuk masak,” kata Siska Soewitomo di Kafe Bromo by Sheraton Surabaya Hotel & Tower, Jumat (23/9/2022).

Misalnya, lanjut Siska, tips membuat sayur bayam yang cukup mudah.
Pertama merebus air ditambah bawang merah, daun jeruk, sedikit lengkuas, gula dan garam. Terakhir memasukan sayur bayam.

Prinsip perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 itu adalah bahan mudah didapat, mudah membutnya dan dengan penampilan yang menggugah selera.

“Biasanya kan resep nenek kita kan yang gampang-gampang dan itu tidak akan lupa. Ibu kamu goreng telur cantik karena dia tidak gebyok tapi putihnya dulu baru kuningnya. Itu bagus banget,” katanya.

Resep lain, kata Siska, cukup mudah pula membuat semur daging ayam dan dipadu sambal yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

“Apapun bentuk makanan dan apapun bumbunya pasti jadi sajian yang istimewa dan selalu kangen makanan buatan rumah,” katanya.

Jika tak punya waktu banyak untuk membuat bumbu, tak ada salahnya menggunakan bumbu siap pakai.

Pun dengan cara memasak yang tak melulu bumbu ulek, bisa juga bumbu cincang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved