Berita Surabaya

Misi Edukasi Energi Terbarukan Bagi Generasi Muda, SUN Energy Hadirkan Green Future Festival

Pemerintah Indonesia melalui Kebijakan Energi Nasional (KEN) mengarahkan pengelolaan energi yang berwawasan lingkungan

Foto Istimewa SUN energy
Kegiatan Green Energy School Roadshow persembahan SUN Energy di SMAN 3 Malang disambut meriah oleh para siswa siswi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Melanjutkan diskusi dan komitmen petinggi negara pada UN Climate Change Conference of the Parties (COP) ke-26 di Paris, gelaran G20 di Indonesia November nanti menjadi momen penting untuk merumuskan aksi mitigasi dan inisiatif terkait pengurangan dampak perubahan iklim.

Konsep ekonomi hijau atau pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan prinsip-prinsip berkelanjutan pun merupakan salah satu pokok bahasan pada acara G20 nanti.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kebijakan Energi Nasional (KEN) mengarahkan pengelolaan energi yang berwawasan lingkungan melalui transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan dalam rangka mewujudkan kemandirian energi.

Selain itu, Presiden telah menetapkan target Indonesia bebas emisi karbon pada tahun 2060.

Pekerjaan rumah pemerintah ini harus dilakukan secara cepat, serta membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

SUN Energy dan grup usahanya yang fokus pada pengembangan pemanfaatan energi terbarukan menggelar inisiasi program bertajuk Green Future Festival mulai September hingga Oktober 2022.

Ada banyak implementasi yang telah dan tengah dilakukan dalam program bertajuk Green Future Festival.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Chief Commercial Officer SUN Energy, Dion Jefferson.

Menyambut era baru pada proses transisi energi ini, SUN Energy juga meluncurkan logo baru yang merepresentasikan semangat dalam mewujudkan Indonesia Bebas Emisi Karbon.

Hal ini sekaligus menandakan kesiapan SUN Energy untuk terus mencetak pertumbuhan bisnis yang kuat di masa mendatang.

Kemudian juga dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan edukasi kepada masyarakat luas mengenai urgensi pemenuhan target bebas emisi karbon pada tahun 2060, dimana SUN Energy melakukan edukasi kepada ribuan siswa sekolah menengah atas (SMA) di 5 sekolah pada 4 kota, yang dinamai 'Green Energy School Roadshow'. 4 kota ini sendiri meliputi Malang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

“Green Future Festival merupakan inovasi dari program sosial yang kami jalankan bersamaan dengan hari jadi SUN Energy beserta grup usahanya. Program ini kami jalankan secara inklusif yang menyasar semua kalangan untuk turut memahami konteks dari pemenuhan target bebas emisi karbon melalui solusi yang telah tersedia, salah satunya adalah energi terbarukan yaitu energi matahari,” jelas Dion Jefferson, Sabtu (24/9/22).

Selain Green Energy School Roadshow, lanjutnya, terdapat pula rangkaian keseruan Green Competition yang dilaksanakan pada 21 September – 30 Oktober 2022 dengan cakupan nasional. Diantaranya ada, lomba Melukis (Kategori Siswa SD) , Lomba Kreasi Instagram Reels (Kategori Siswa SMP & SMA) , Kompetisi Business Plan (Kategori Mahasiswa), Kompetisi Desain Furnitur Berkelanjutan (Kategori Umum), dan Kompetisi Artikel (khusus jurnalis media massa).

Adapun untuk semakin menyukseskan program ini sendiri, imbuh Dion, maka SUN Energy turut menggandeng kemitraan dengan Society of Renewable Energy (SRE) dari SRE Universitas Indonesia, SRE Institut Teknologi Bandung, SRE Universitas Brawijaya, dan SRE Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, serta beberapa mitra lainnya.

Pada intinya, masih kata Dion, guna memahami terkait proses transisi energi dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim yang kian masif, SUN Energy akan terus sadar serta melek akan peran untuk mengedukasi secara inklusif kepada semua kalangan.

SUN Energy percaya, kolaborasi antara pihak swasta, mahasiswa, maupun lembaga lainnya, dapat mendukung perolehan target pemerintah mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon di tahun 2060.

“Kami berharap program Green Future Festival mampu menjadi bagian dari awal masa depan Indonesia yang berkelanjutan, dengan melakukan bagian terpenting sebelum dimulainya aksi untuk menciptakan lingkungan yang lebih lestari melalui sosialisasi dan edukasi secara berkelanjutan,” tutupnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved