Berita Gresik

Nelayan Gresik Protes Kelangkaan Solar, Padahal Kiriman dari Pertamina Lancar

Dari hasil audiensi selama dua jam, para nelayan bersepakat dengan SPBU untuk memerbaiki distribusi solar ke nelayan.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Deddy Humana
istimewa
Para nelayan Gresik memprotes kelangkaan solar di tengah naiknya harga BBM bersubsidi, Jumat (23/9/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Tidak hanya masyarakat umum dan pelaku usaha, kenaikan haarga BBM subsidi juga membawa derita pada para nelayan di Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Apalagi saat ini terjadi kelangkaan BBM jenis solar selama tiga pekan terakhir.

Kondisi ini memaksa para nelayan kesulitan melaut. Mereka melakukan aksi protes di atas perahu untuk memprotes ketiadaan solar setelah harga BBM naik, Jumat (23/9/2022).

Ketua Rukun Nelayan Campurejo, Muzi mengaku saat ini solar malah sulit didapatkan nelayan. "Padahal harga BBM sudah naik, kenapa solar semakin sulit," kata Muzi.

Setelah menyampaikan orasi, perwakilan nelayan didampingi pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan BPD Campurejo mendatangi SPBU Banyutengah. Mereka melakukan audiensi serta mempertanyakan jatah solar subsidi.

Menurut para nelayan, kiriman dari Pertamina lancar tetapi masih kehabisan stok solar. Selama dua jam mereka mempertanyakan keberadaan solar. Bagi warga Desa Campurejo yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, keberadaan solar sangat penting.

Dari hasil audiensi selama dua jam, para nelayan bersepakat dengan SPBU untuk memerbaiki distribusi solar ke nelayan. Di mana para nelayan dijatah 4 ton per hari.

Muzi menjelaskan, ada sekitar 300 nelayan Campurejo yang menggantungkan hidup dari melaut. Dan ia berharap, aksi kali ini ada hasilnya. "Sehingga nelayan tidak kesulitan solar lagi. Alhamdulillah sudah ada persetujuan, MoU antara nelayan dan pihak SPBU, semoga terlaksana," ujar Muzi.

Pengawas SPBU Banyutengah, Ainur Rofiq mengklaim selama ini jatah solar sudah tersalurkan ke nelayan. Agar tepat sasaran, nelayan wajib memiliki NIB.

SPBU Banyutengah, kata Ainur juga melayani pembelian solar untuk truk besar yang melintas di Pantura. "Jadi bukan hanya nelayan saja, separo untuk nelayan separo untuk umum, seperti truk," kata Ainur. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved