Berita Surabaya

Connie Rahakundini Bakrie: Bentrok China-Taiwan Bisa Berdampak Lebih Besar dari Perang Rusia-Ukraina

pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie saat menjadi pembicara di Seminar Nasional yang diselenggarakan UPN Veteran Jawa Timur

surya.co.id/bobby kolloway
Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie (kanan) saat menghadiri acara Seminar Nasional yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Surabaya, Kamis (22/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Memanasnya kawasan Taiwan bisa berimbas terhadap ekonomi di dunia, khususnya Indonesia.

Apabila bentrokan kedua negara terjadi, Indonesia akan ikut merasakan imbas yang lebih besar dibanding dampak dari perang Rusia dan Ukraina. Khususnya di bidang ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie saat menjadi pembicara di Seminar Nasional yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Surabaya, Kamis (22/9/2022).

Connie Rahakundini Bakrie mengungkapkan, potensi meletusnya perang di China imbas dari maraknya kehadiran Amerika Serikat di kawasan tersebut.

”Kalau perang di Taiwan sampai terjadi, imbasnya bukan hanya dirasakan Indonesia namun juga dunia. Bahkan lebih besar dibanding (perang) yang ada di Ukraina,” kata Connie Rahakundini Bakrie.

Seminar ini mengangkat tema Quo Vadis Ekonomi Pertahanan sebagai Tantangan Kondisi Global di Masa Depan.

Selain Connie Rahakundini Bakrie, acara ini juga menghadirkan Direktur Produksi PT PAL Indonesia Iqbal Fikri dan Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi (CISSReC) Pratama Dahlian Persadha.

Seminar ini membahas berbagai gejala sosial geopolitik dunia hingga dampaknya terhadap ekonomi.

Serta, peran strategi yang bisa diambil Indonesia, khususnya antisipasi melalui isu militer.

Menurut Connie Rahakundini Bakrie, selain lokasi yang lebih dekat dengan Indonesia, Taiwan maupun China juga memiliki pengaruh cukup kuat bagi dunia, khususnya di sektor ekonomi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved