Berita Jember

Terbukti Memutar Ekonomi Rakyat, Kegiatan Luar Ruangan di Jember Akan Digeber Sampai Akhir Tahun

Meski belum ada penghitungan riil dampak ekonomi dari kegiatan di bulan Agustus, sejumlah pihak merasakan dampaknya

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Karnaval Pelajar, salah satu kegiatan luar ruang yang digelar Pemkab Jember di bulan Agustus. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Sejumlah kegiatan luar ruangan yang dilakukan selama Agustus lalu berdampak kepada sektor UMKM. Karena itu Pemkab Jember bakal mengadakan sejumlah kegiatan luar yang melibatkan banyak orang sampai akhir tahun ini.

"Karena berdampak sekali kepada ekonomi kerakyatan, sektor UMKM terbantu. Apalagi selama Agustus kemarin, kegiatan banyak digelar mulai tingkat kabupaten, kecamatan, juga desa. Bahkan di Bblan September ini, juga masih ada beberapa kegiatan seperti karnaval dan parade sound itu," ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan luar ruangan yang melibatkan banyak orang seperti karnaval, konser musik, juga aneka lomba, terbukti bisa memutar sektor ekonomi kerakyatan. Tidak hanya kelompok UMKM, kelompok perhotelan dan rumah makan juga berdampak.

"Sampai akhir tahun nanti akan ada beberapa kegiatan besar, seperti gerak jalan Tajemtra pada 17 Desember, kemudian juga Hari Santri selama sepekan di bulan Oktober, juga kegiatan peringatan Hari TNI," imbuh Hendy.

Meski belum ada penghitungan riil dampak ekonomi dari sejumlah kegiatan di bulan Agustus, sejumlah pihak merasakan dampaknya.

Seperti contoh kelompok perhotelan yang terdampak karena adanya kegiatan, seperti acara Jember Fashion Carnaval (JFC). Kelompok pelaku usaha makanan dan minuman juga merasakan dampaknya ketika ada perhelatan besar. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved