Berita Malang Raya

Produk UMKM Kota Batu Didorong untuk Merambah Pemasaran Digital, Ini Alasannya

Menurutnya, produk UMKM Kota Batu perlu membenahi pengemasan dan brandingnya. Pemkot Batu tengah berupaya memperbaiki sistem ekonomi usaha

Penulis: Benni Indo | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/benni indo
Penyelenggaraan acara Roadshow Lokakarya DCE 2.0 di PLUT, Kota Batu. Produk UMKM di Kota Batu harus merambah pemasaran digital agar jangkauannya lebih luas. 

SURYA.CO.ID, BATU - Produk UMKM di Kota Batu harus merambah pemasaran digitali agar jangkauannya lebih luas.

Pemasaran produk di dunia digital menjadi keniscayaan ketika banyak orang memiliki ponsel pintar dan mengakses internet setiap harinya saat ini.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Batu, Sugeng Pramono menjabarkan, UMKM di Kota Batu tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Menurutnya, produk UMKM harus membanjiri marketplace.

"Memang banyak yang harus dibenahi mulai dari hulu sampai hilir. UMKM di Kota Batu harus semakin kreatif, berkualitas dan kompetitif," ujar Sugeng saat membacakan sambutan wali kota di acara Digital Creative Enterpreneurs (DCE 2.0) yang diselenggarakan Telkomsel di PLUT, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, produk UMKM Kota Batu perlu membenahi pengemasan dan brandingnya.

Dikatakannya, Pemkot Batu tengah berupaya memperbaiki sistem ekonomi usaha.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni mempermudah perizinan, membuka akses permodalan serta menyelenggarakan inovasi produk yang didukung teknologi.

"Saat ini, berbagai macam kebutuhan manusia banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital. Dalam upaya percepatan transformasi digital ini, Pemkot Batu menerapkan strategi mandiri dan kemitraan," terangnya.

Strategi mandiri salah satunya mengharuskan UMKM melakukan manajemen usaha dan pemasaran sendiri melalui online.

Sedangkan strategi kemitraan atau partnership, mendorong UMKM melakukan manajemen usaha dan pemasaran melalui mitra online.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved