Berita Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Akan Renovasi Gratis 340 Rumah Tidak Layak Huni Milik Warga

Sedikitnya ada 340 rumah tidak layak huni milik warga di Sidoarjo yang masuk program bedah rumah oleh Pemkab Sidoarjo.

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
m taufik/surya.co.id
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor meninjau langsung rumah warga yang akan direhab, Kamis (22/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Sedikitnya ada 340 rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga di Sidoarjo yang masuk program bedah rumah. Semua bakal direnovasi secara gratis oleh Pemkab Sidoarjo, pembiayaan menggunakan anggaran pemerintah.

Salah satunya adalah rumah milik Satukin, warga Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Rumah berukuran 3 X 6 meter itu dihuni pria 45 tahun tersebut sendirian.

Di rumah berdinding bambu atau sesek tersebut, dia tinggal sendirian. Istri dan anaknya yang berusia sekira 3,5 tahun memilih tinggal bersama orang tua.

“Ya seperti ini kondisinya. Beberapa tiang sudah miring, atapnya juga rusak. Kalau hujan bocor,” ujar Satukin menjelaskan rumahnya yang memprihatinkan itu, Kamis (22/9/2022).

Mendapat kabar bahwa rumahnya akan direhab oleh pemerintah, pria yang sehari-hari bekerja sebagai kuli batu itupun mengaku sangat bahagia.

“Tentu, bahagia banget. Kami bersyukur dan berterima kasih banyak atas perhatian pemerintah terhadap tempat tinggal kami,” kata dia saat rumahnya dikunjungi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Kamis (22/9/2022).

Ya, secara simbolik Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor itu menyerahkan bantuan program bedah rumah tersebut di Balai Desa Jatikalang, Prambon, Sidoarjo. Dari sana, bupati dan rombongan kemudian meninjau langsung rumah yang akan direhab.

Menurut Gus Muhdlor, program bedah rumah ini diupayakan setiap tahun berjalan. Bahkan dia menyebut bahwa program ini merupakan salah satu program prioritasnya.

“Diupayakan setiap tahun ada, dan sasaran penerima manfaatnya juga akan ditingkatkan jumlahnya,” ungkap Gus Muhdlor.

Dia meminta peran serta pemerintah desa (Pemdes) dan semua pihak ikut mensukseskan program bedah rumah tersebut.

Pemdes dapat menyampaikan usulan penerima manfaat dari program itu. Dengan begitu Pemkab Sidoarjo dapat membantu kesulitan warga melalui program bedah rumah ini.

"Kami minta proaktif dari teman-teman yang lain kalau ada usulan, silakan memberikan informasi masyarakat yang berhak menerima program bedah rumah ini," pesannya.

Gus Muhdlor mengatakan, tahun ini ada 340 unit RTLH yang akan dibedah. 50 unit rumah dari APBD, 15 unit melalui program TMMD dan 275 melalui APBN.

Program tersebut juga akan menggandeng lembaga lain. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat Sidoarjo menerima manfaat dari program tersebut. Salah satunya yang saat ini digandeng Baznas Sidoarjo.

"Kami akan membuka ruang-ruang yang lain, termasuk dari Baznas dan sebagainya yang ternyata banyak program dari pusat maupun provinsi yang menunggu proaktif dari kabupaten,” kata Gus Muhdlor.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved