Persebaya Surabaya

ANALISIS PERSEBAYA - Mat Halil Saran Psikologis Bazjul Ijo Perlu Dikembalikan Jelang Lawan Arema FC

Secara pribadi, saya melihat banyaknya talenta-talenta muda yang menghiasi barisan skuad Bajul Ijo pada Liga 1 2022-2023

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Fatkhul Alami
Foto Persebaya/Habibur Rohman
Para pemain Persebaya Surabaya usai lawan PSIS Semarang pada Liga 1 2022-2023. Pemain Bajul Ijo kini membutuhkan pembangkit motivasi jelang lawan Arema FC di Liga 1 2022-2023 pekan ke-11 

 

Mat Halil, Pelatih Sepakbola


SURYA.co.id | SURABAYA - Persebaya Surabaya belum diberi kemenangan dalam tiga pertandingan terakhirnya pada Liga 1 2022-2023. Kondisi ini pastinya membuat para Bonek, suporter fanatik Bajul Ijo menjadi gusar.

Bagaimana tidak, tiga kekalahan beruntun yang diperoleh saat menjamu Bali United, Rans Nusantara FC serta melakoni partai tandang melawan PSM Makassar, membuat Bajul Ijo masuk deretan tim papan bawah klasemen sementara Lia 1 musim ini.

Secara pribadi, saya melihat banyaknya talenta-talenta muda yang menghiasi barisan skuad Bajul Ijo pada Liga 1 2022-2023 musim ini, masih membutuhkan waktu untuk berproses lantaran masih junior. Saya menyarankan, mental bertanding mereka terus diasah.

Saya juga berpesan kepada para Bonek agar tetap bersabar. Dalam olahraga sepakbola, sebuah tim tentunya kadang kala meraih hasil kemenangan, seri dan kalah. Jadi hal itu masih wajar pada sebuah kompetisi sepakbola.

Sejatinya, setiap pelatih dari tim manapun selalu menginginkan kemenangan. Hanya saja, dari tim pelatih hanya bisa merencanakan komposisi pemain, mengatur porsi latihan, serta memberikan motivasi supaya tetap bekerja keras, dan tampil ngotot di lapangan.

Kondisi rentetan kekalahan, ditambah dengan gelombang protes dari Bonek di depan kantor manajemen, maupun pengrusakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo kemarin, sangat berdampak ke psikologis pemain. Saya harap mental tanding dan psikologis pemain perlu dikembalikan lagi.

Apalagi ada pengunguman pengunduran diri yang dilakukan oleh Azrul Ananda sebagai CEO dan Presiden Persebaya. Pastinya mental pemain menjadi drop. Sehingga, perlu ditingkatkan menjadi lebih baik lagi serta mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk tampil dengan baik di lapangan.

Mat Halil, pelatih Persebaya U-16 beri saran psikologis pemain Persebaya Surabaya Liga 1 2022-2023 dipulihkan jelang lawan Arema FC
Mat Halil, pelatih Persebaya U-16 beri saran psikologis pemain Persebaya Surabaya Liga 1 2022-2023 dipulihkan jelang lawan Arema FC (Instagram@elfazafc.official)

Saya sangat menyayangkan keputusan mas Azrul yang mundur sebagai CEO dan Presiden Persebaya. Selama ini, beliau begitu peduli dengan keperluan pembinaan pemain usia muda.

Mas Azrul selalu siap memfasilitasi semua pemain Persebaya dari berbagai kelompok umur U14, U16, U17, U18, dan U20. Salah satunya mengikutkan tim ke Kompetisi Elite Pro Academy (EPA)

Beliau mendukung sekali untuk mengangkat pemain pemain muda dari Internal Persebaya, sebagai aset masa depan sekaligus menyiapkan buat kompetisi kedepannya.

Saya sendiri optimistis, Persebaya bisa finish di papan atas. Masih banyak waktu dan pertandingan yang menanti Rizky Ridho dan kawan kawan. Maka dari itu, mereka wajib meraih hasil yang terbaik dan memaksimalkan lagi laga kandang demi meraih tiga poin.

 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved