Berita Lamongan

Muncul saat Petani Panen Padi, Ular Sanca 3 Meter Ditangkap di Dusun Gombongtengah Lamongan

Petani warga Dusun Gombongtengah, Desa Pasi, Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan dikagetkan dengan munculnya ular jenis sanca kembang

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Warga Dusun Gombongtengah
Ular jenis sanca yang berhasil ditangkap petani di area sawah Dusun Gombongtengah, Desa Pasi,Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan, Rabu (21/9/2022) 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Petani warga Dusun Gombongtengah, Desa Pasi, Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan dikagetkan dengan munculnya ular jenis sanca kembang ketika panen padi.

Ketika itu, para buruh tani yang sedang memanen padi di salah satu sawah milik warga dikejutkan dengan munculnya ular sanca kembang dengan ukuran kurang lebih 3 meter.

"Ular sanca kembag itu pertama kali dilihat saat para buruh tani sedang memanen padi dua pekan lalu," kata salah seorang warga yang bernama Kasamari kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Ketika itu, katanya, warga yang melihat tidak ada yang berani mengganggu keberadaan ular berukuran besar tersebut dan membiarkannya melata di pematang sawah. Namun kembali terlihat pada Selasa (20/9/2022).

Saat itu warga melihat langsung hewan melata itu akan berpindah lokasi dari pematang sawah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa tak jauh dari sawah.

"Mungkin ular tersebut mau pindah lokasi karena lokasi lama dirasa sudah terganggu," ujarnya.

Merasa khawatir mengancam keselamatan warga dan hewan ternak, akhirnya warga sepakat untuk memburu dan menangkap ular tersebut.

Sejak Selasa siang (20/09/2022) warga menyisir pematang sawah yang sudah selesai panen tersebut hingga ke pemakaman umum.

"Kami sepakat untuk memburu ular itu karena kami merasa cemas dan khawatir akan menyerang warga saat sedang menjalankan aktivitas di sawah. Termasuk memangsa ternak," kata Kasmari.

Upaya warga membuahkan hasil. Warga berhasil menangkap hidup-hidup ular dengan bobot yang diperkirakan lebih dari 10 kg itu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved