Advertorial

Bupati Ikfina Ajak Masyarakat Sukseskan Program Satu Data Registrasi Sosial Ekonomi

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Regsosek di Ballroom Hotel Vanda Gardenia, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Selasa (20/9/2022). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022.

Hal ini disampaikan Bupati Ikfina saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Regsosek di Ballroom Hotel Vanda Gardenia, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan Rakorda Regsosek ini diikuti oleh 51 dinas lembaga/OPD, 44 lembaga non OPD dan 304 kepala desa di seluruh Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina menjelaskan, registrasi sosial ekonomi atau Regsosek yang dilakukan serentak ini merupakan upaya pemerintah dalam mensinergikan data terpadu satu pintu.

Regsosek Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, nantinya akan digunakan sebagai dasar data satu pintu untuk membuat kebijakan dan program dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah seperti bantuan sosial dan pembangunan ekonomi.

"Satu data ini, akan dijadikan pedoman untuk pelaksanaan berbagai program pemerintah termasuk pemberian bantuan sosial dan peningkatan ekonomi maupun jaring pengaman sosial," jelasnya, Selasa (20/9/2022).

Masyarakat diharapkan memberikan data sebenar-benarnya, lengkap, akurat dan valid. Sebab, data terpadu ini nantinya akan menjadi acuan guna mendukung berbagai program pemerintah.

Melalui data Regsosek 'Mencatat Untuk Membangun Negeri' ini akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastuktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan serta program-program untuk mendorong potensi pembangunan di pusat maupun daerah.

"Selama ini data masih sektoral masing-masing Kementerian memiliki data sendiri, sehingga pemerintah membuat satu mekanisme untuk menyajikan satu data yang menjadi acuan semua Kementerian termasuk semua pemerintah di daerah untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan program kegiatan maupun membuat kebijakan," ucap Ikfina.

Ia mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pendataan Regsosek dilaksanakan secara serentak Nasional pada 15 Oktober-14 November 2022. Proses persiapan meliputi pendataan awal data terpadu dengan mengambil sejumlah sampling sudah dimulai sejak 2021.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved