Berita Lamongan

Pembangunan Lamongan Lebih Terarah Berkat Pendataan Regsosek 2022, Ini Permintaan Kaji Yes

"Untuk bantuan sosial, selama ini kita hanya mengandalkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," ungkapnya.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Rapat koordinasi tingkat kabupaten terkait pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) 2022 di Tanjung Kodok Beach Resort, Selasa (20/9/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral. Dan program Regsosek itu juga mulai diterapkan di Kabupaten Lamongan, dengan berbagai harapan besar yang disampaikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Selasa (20/9/2022).

Regsosesk akan menjadi pendataan yang terintegrasi dan akurat, serta mudah untuk dibagikan oleh semua kementerian, lembaga, dinas, maupun instansi, dalam rangka program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan masyarakat.

"Pendataan tersebut akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial. Melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah, selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan, " ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lamongan, Bagyo Tri Laksono dalam rapat koordinasi tingkat kabupaten terkait pendataan awal Regsosek 2022 di Tanjung Kodok Beach Resort, Selasa (20/9/2022).

Regsosek merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Pengumpulan data dengan pendataan lapangan ini akan mulai dilaksanakan dari 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Karena itu, BPS berharap dukungan untuk mensukseskan pendataan awal Regsosesk di Kabupaten Lamongan dengan turut memberikan data yang tepat dan benar.

Sementara Bupati Yuhronur mengajak semua pihak untuk mensosialisasikan dan memberikan pengertian kepada masyarakat agar memberikan informasi secara benar dan tepat saat pendataan lapangan dilaksanakan.

Data yang disampaikan oleh masyarakat dengan benar akian sangat penting untuk pembangunan nasional dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran.

"Sosialisasikan kepada masyarakat, berilah pengertian kepada masyarakat, agar memberikan data yang benar dan tepat. Ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi keperluan pembangunan nasional kita," ujar Kaji Yes.

Menurut Kaji Yes, sampai saat ini masih ditemui berbagai persoalan tentang penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran. Sehingga dengan pencatatan dan pendataan awal Regsosek 2022 ini akan memunculkan data yang valid, yang terintegritas dan dipercaya.

"Untuk bantuan sosial, selama ini kita hanya mengandalkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), " ungkapnya.

Dengan Regsosek maka harus mempunyai data yang valid, yang berintegritas, dan dapat dipercaya. Dalam pengamatannya, masih sering ditemukan banyak hal terkait bantuan sosial, kadang ada yang merasa pantas menerima tetapi tidak menerima, begitu juga sebaliknya.

"Ini menjadi persoalan bagi kita. Mudah-mudahan dengan Regsosek, akan memudahkan kita agar bantuan sosial dapat tepat sasaran," tambahnya.

Tidak hanya itu, ia menegaskan bahwa satu data juga tentunya akan sangat penting bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan, pelaksanaan program pemerintah, pembangunan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved