Lirik Sholawat Bariyyah Berisi Permohonan Ampunan Dosa, Beserta 4 Keutamaan Lainnya

Ada 4 keutamaan lain yang didapat jika rutin mengamalkan sholawat Bariyyah. Apa saja? Berikut penjelasan serta lirik sholawt Bariyyah lengkap.

Penulis: Arum Puspita | Editor: Musahadah
Surya.co.id
Ilustrasi - Lirik Sholawat Bariyyah Arab, Latin dan Terjemahan Indonesia 

SURYA.CO.ID - Berikut ini lirik sholawat Bariyyah, yang berisi permohonan ampunan dosa kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Selain itu, ada 4 keutamaan lain yang didapat jika rutin mengamalkan sholawat Bariyyah. Apa saja?

1. Doanya dikabulkan

"Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi). 

2. Pahala kebaikan

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).

3. Bertemu Rasulullah SAW di akhirat

"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

4. Mendapat Syafa'at

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: "Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

Lirik Sholawat Bariyyah

اَللّهُمَّ يَادَائِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّــةِ يَابَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِــيَّةِ, صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَــيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْوَرٰى سَجِــيَّةٍ وَاغْفِرْلَنَا يَاذَالْعُلٰى فِى هٰذِهِ الْعَشِيَّةِ

Allohumma ya daimal fadhli ‘alal bariyyah ya basithol yadaini bil athiyyah ya shohibal mawahibis saniyyah sholli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin khoiril waro sajiyyatin waghfi lana ya zal ‘ula fi hazihil ‘asyiyyah.

Artinya: “Ya Allah, wahai Zat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai Zat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian, wahai Zat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebaik-baik manusia di dalam budi pekertinya. Dan ampunilah kami, wahai Zat yang mempunyai keluhuran di malam ini.”

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved