Berita Pasuruan

Gus Aam Salurkan Beasiswa PIP, Warga Pasuruan Lega Anak-Anaknya Tak Lagi Menunggak Uang Sekolah

Gus Aam mengatakan, bantuan beasiswa PIP ini adalah jalur melalui kementrian dan juga ada jalur aspirasi yang melekat di anggota DPR RI.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Anggota DPR RI, Moh Haerul Amri (Gus Aam) menyerahkan beasiswa PIP saat berkunjung ke SMA Sunan Bonang di Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Selasa (20/9/2022). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Puluhan wali murid siswa-siswi SMA Sunan Bonang, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan bisa bernafas lega. Itu setelah anak-anak mereka akhirnya mendapatkan bantuan beasiswa dari Program Indonesia Pintar (PIP) melalui jalur aspirasi anggota DPR RI, Moh Haerul Amri.

Politisi dari Partai NasDem itu memang membagikan kurang lebih 25.000 beasiswa untuk pelajar SD, SMP, SMA atau SMK di dapil II, Pasuruan - Probolinggo. Gus Aam, sapaan akrab Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Nasdem itu, juga secara simbolis mengaktivasi rekening Program Indonesia Pintar (PIP).

Nur Faridah, salah satu wali murid mengaku bersyukur dan berterima kasih atas bantuan beasiswa yang diserahkan itu. Menurutnya, uang beasiswa sebesar Rp 1 juta itu bisa digunakan untuk kebutuhan belajar anaknya yang selama ini belum terpenuhi.

"Kebetulan anak saya tiga, rata-rata mereka menunggak uang sekolah. Ini juga bisa untuk digunakan untuk membeli sepatu anak saya yang sudah sobek," kata Faridah.

Faridah mengaku, ketiga anaknya yang masing-masing duduk di bangku SMA, SMP, dan SD menunggak membayar sekolah karena tidak ada biaya. Semuanya membayar alias tidak gratis. "Begitu tahu kabar dapat bantuan dari Gus Amri, senang hati saya. Senang sekali, karena dapat perhatian sehingga dapat beasiswa ini," jelasnya.

Gus Aam mengatakan, bantuan beasiswa PIP ini adalah jalur melalui kementrian dan juga ada jalur aspirasi yang melekat di anggota DPR RI. Ia mengaku mendapatkan amanah mendistribusikan 25.000 lebih beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Dapil Jatim II Pasuruan - Probolinggo.

"Allhamdulillah, Insya Allah semua 100 persen terserap. Yaitu 13.000 beasiswa untuk SD, 5.000 untuk SMP, 2.000 untuk SMA, dan 4.000 untuk SMK. Dan 500 untuk mahasiswa," jelasnya.

PIP dibagikan atau diperuntukkan kepada keluarga yang tidak mampu atau PKH, fakir miskin, yatim piatu dan sebagainya. "PIP ini menjadi bukti bahwa pemerintah hadir di tengah kesulitan masyarakat. Saya hadir memberi dan membagikan beasiswa untuk generasi bangsa," urainya.

Besaran beasiswa untuk masing-masing jenjang sekolah juga bervariasi. Untuk siswa SD akan mendapat subsidi Rp 450.000, SMP Rp 750.000, SMK/SMA Rp 1 juta, dan mahasiswa Rp 5 jutaan. "Mudah-mudahan, bantuan ini bermanfaat untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Yang dapat bantuan adalah mereka yang belum mendapatkan bantuan," tutupnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved