Berita Surabaya

Kronologi Kebakaran Rumah di Panjang Jiwo Kota Surabaya, Petugas Sempat Kesulitan Akses Gang Sempit

Lokasi rumah yang terbakar berada di area dalam gang dengan lebar sekitar 1,5 meter. Mustahil sebuah truk berukuran kecil bisa masuk

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/luhur pambudi
Petugas Pemadam Kebakaran berjibaku memadamkan api di kebakaran rumah dua lantai di Jalan Panjang Jiwo Gang VII A No 22, Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebanyak 16 truk pemadam kebakaran dikerahkan dalam insiden kebakaran rumah dua lantai di Jalan Panjang Jiwo Gang VII A No 22, Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya Dedik Irianto memastikan, tidak terjadi perambatan dalam insiden kebakaran tersebut.

Kobaran api yang melumat area bangunan di lantai dua berukuran 5 m x 12 m itu, berhasil dilokalisir potensi perambatannya dari bangunan di sekitar kanan, kiri, belakang, ataupun bawahnya.

"Yang terbakar itu di lantai 2 memang bentuknya tulangnya besi tapi lapisannya adalah kayu dan yang terbakar hanya di lantai 2 saja," ujarnya pada awak media, di lokasi.

Baca juga: Resmi Dibentuk, Barikade Gus Dur Kabupaten Pasuruan Siap Sebarkan Misi Kebersamaan dalam Perbedaan

Hanya saja, lokasi rumah yang terbakar berada di area dalam gang dengan lebar sekitar 1,5 meter, sehingga mustahil sebuah truk berukuran kecil dapat merangsek masuk.

Membuat petugas pemadam harus membentangkan selang air sepanjang sekitar 100 meter ke dalam untuk menjangkau lokasi.

"Sekitar empat selang panjang kami pakai sampai ke lokasi," pungkasnya.

Sementara itu, tetangga rumah korban, Ninik mengatakan, sebelum akhirnya diketahui kobaran api tersebut kian membesar di lantai rumah Yayuk, si pemilik rumah.

Perempuan berkerudung biru itu mengaku sempat mendapati adanya keanehan pada lampu penerangan sepanjang jalan gang, termasuk lampu yang berada di depan rumahnya.

Lampu penerangan jalan tersebut, tampak berkali-kali nyala redup dan padam.

Namun, saat dirinya keluar untuk memeriksa keadaan, ternyata kobaran api, sudah lumat bangunan loteng rumah tetangganya.

"Iya padam nyala gitu. Saat saat keluar ternyata sudah besar apinya," ungkap Ninik saat ditemui di lokasi.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved