Berita Gresik

Beri Wawasan Hukum untuk Pelajar, Kejari Gresik Pilih Blusukan ke Sekolah-Sekolah

Diharapkan program ini bisa mencegah generasi muda melanggar hukum, seperti saat sosialisasi di UPT SMP Negeri 22 Gresik, Senin (19/9/2022).

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sugiyono
Jaksa mengikuti kegiatan JMS di UPT SMP Negeri 22 Gresik, Senin (19/9/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Pemberian wawasan dan pemahaman tentang hukum tidak sekadar dilakukan saat seseorang terjerat tindak kejahatan, tetapi memang lebih tepat sejak dini sebelum ada kejahatan. Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik pun memiliki visi agar pemahaman tentang hukum disosialisasikan sejak awal kepada para pelajar guna mencegah generasi muda terjerumus perbuatan melanggar hukum.

Program itu diwujudkan kejari dengan mendatangi sekolah-sekolah dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Diharapkan program ini bisa mencegah generasi muda melanggar hukum, seperti saat sosialisasi di UPT SMP Negeri 22 Gresik, Senin (19/9/2022).

Kasi Intel Kejari Gresik, Deni Niswansyah mengatakan, program JMS merupakan bagian dari bentuk keperdulian dan partisipasi aktif kejari sebagai aparat penegak hukum.

Materi yang disampaikan diantaranya, pengenalan Kejaksaan RI dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 dan proses persidangan di Pengadilan Negeri, Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Program JMS memberikan penerangan dan penyuluhan hukum kepada siswa agar mengetahui dan paham tentang hukum dan proses persidangan. "Sekarang ini banyak anak menggunakan media sosial. Sehingga, agar tidak terjerat Undang-undang ITE dan kasus hukum lainnya, maka perlu diperkenalkan aturannya," kata Deni.

Lebih lanjut Deni menambahkan, dari program JMS diharapkan para siswa SMP sebagai generasi penerus bisa memiliki kharakter yang baik dalam bersosialisasi dan bermasyarakat.

"Kami berharap, jangan sampai siswa SMP di Gresik terjerumus dan terlibat masalah hukum. Untuk itu, kami terus melakukan upaya pencegahan dengan turun lansung ke sekolah serta memberikan penerangan dan pemahanan hukum," katanya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved