Berita Kediri

Lima Mahasiswa Udinus Kediri Belajar Ilmu Kebhinnekaan di Pulau Bali

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri mengirimkan 5 mahasiswa unggulannya mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Udinus
Lima mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) belajar kebhinekaan di Pulau Bali. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri mengirimkan 5 mahasiswa unggulannya mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Kegiatan PMM merupakan salah satu program milik Kemendikbudristek.

Kelima mahasiswi yang mengikuti kegiatan PMM dari Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus Kediri yakni Arrafiqul A'ala Nastyawati, Rizma Windasari, Rosa Putri Cahyaning Ati, Lita Mayasari dan Tahira Natalia Permana Puteri.

Para mahasiswa ini belajar selama satu semester akan mendapatkan total 20 SKS pembelajaran di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Kegiatan PMM ini sudah dimulai sejak bulan September 2022 serta akan berlangsung selama 4,5 bulan.

Program PMM sebagai upaya memberikan pengalaman kebhinnekaan kepada mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Baca juga: BREAKING NEWS Tak Terbukti Bjorka, Polisi Pulangkan Pemuda Penjual Es Kabupaten Madiun

Rizma, salah satu perwakilan mahasiswa menjelaskan, kegiatan yang akan diikuti dalam PMM yaitu Modul Nusantara, mata kuliah, tour campus dan berbagai aktivitas kebhinekaan.

Salah satunya mengikuti agenda keagamaan yang menjadi salah satu budaya di Bali yaitu Piodalan Ageng Parahyangan.

“Kegiatan itu merupakan persembahyangan yang diikuti seluruh mahasiswa dan dosen Hindu. Dalam momen tersebut kami belajar untuk meningkatkan rasa solidaritas, keharmonisan dan kebersamaan dalam perbedaan,” jelas Rizma, Jumat (16/9/2022).

Koordinator Udinus Kediri, Dr Drs Abdul Syukur, M.M menyampaikan, dari 5 mahasiswa yang menjadi peserta, mengikuti perkuliahan di Bali sebagai salah satu syarat program PMM.

Yakni mahasiswa menuntut ilmu di luar domisili perguruan tinggi maupun domisili asal mahasiswa tersebut.

Selain mendapat pengalaman kebhinekaan, mahasiswa akan memperoleh manfaat seperti mengambil mata kuliah di luar progam studi (prodi).

“Akomodasi mahasiswa lainnya juga telah ditanggung Kemendikbudristek. Diharapkan mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin dan saat kembali ke kampus Udinus Kediri dapat menyebarkan ilmu yang telah didapat untuk mahasiswa lainnya,” jelasnya.

Selain 5 mahasiswa dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PDSKU) Kediri, ada 3 mahasiswa lain dari Udinus Semarang yang mengikuti kegiatan PMM Batch 2 di Pulau Bali.

Udinus juga baru saja menerima 28 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia yang menuntut ilmu di kampus berakreditasi Unggul pada awal September 2022.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved