Berita Banyuwangi

Jadi Tuan Rumah Rakernas Staf Ahli se-Indonesia, Bupati Ipuk: Kesempatan Sharing Pengembangan Daerah

Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Indonesia.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Kabupaten Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Indonesia. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Indonesia.

Ratusan staf ahli kepala daerah (gubernur, wali kota dan bupati) dari berbagai wilayah di tanah air datang ke Banyuwangi untuk saling berbagi pengalaman pengembangan daerah.

Forum yang digelar selama 3 tiga hari (15 – 17 September 2022) ini, diikuti lebih dari 200 staf ahli dari berbagai daerah. Ada yang dari Papua, Aceh, hingga Sumatera Utara.

“Selain yang hadir, forum ini juga diikuti 500 staf ahli se-Indonesia lainnya secara hybrid,” kata Ketua Umum Forsakada, M Tranggono.

Dia mengatakan, Banyuwangi dipilih sebagai lokasi kegiatan ini lantaran mempunyai beragam prestasi. Inovasinya beragam, cocok dijadikan sebagai obyek studi tiru. Di antaranya terkait budaya inovasi, pengelolaan pariwisata berkelanjutan, program smart kampung, program sanitasi hingga tata ruang.

“Semoga setelah kegiatan ini, para staf ahli bisa mendapatkan wawasan serta inspirasi dalam memberikan rekomendasi yang tepat bagi pengembangan daerah masing-masing. Banyak best practice yang bisa ditiru juga dari Banyuwangi,” kata Tranggono.

Rakernas ini menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Tumpak Haposan Simanjuntak juga Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk mengajak kepada peserta untuk menjadikan forum ini sebagai wadah untuk saling sharing tentang pengembangan daerah.

“Staf ahli pastinya sudah banyak pengalaman. Kami harap pertemuan ini menjadi saling sharing dan kolaborasi program pengembangan antar daerah,” kata Bupati Ipuk.

“Setiap daerah tentu memiliki potensi dan program yang berbeda. Dengan Rakernas ini bisa menjadi saling tukar dan saling belajar program tiap daerah, sehingga daerah bisa tumbuh dan berkembang bersama,” tambah Bupati Ipuk.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved