Grahadi

Pemprov Jatim

Siap Dukung Inpres Penggunaan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas, Pemprov Jatim Tunggu Permendagri

Pemprov Jatim menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan amanat Presiden, agar kendaraan dinas pemerintah daerah menggunakan kendaraan listrik

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono saat diwawancara di Gedung DPRD Jatim, Kamis (15/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan amanat Presiden, agar kendaraan dinas pemerintah daerah menggunakan kendaraan listrik sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022.

Di mana Inpres tersebut memuat aturan tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau Kendaraan Perorangan dinas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono menyatakan, Pemprov Jatim siap mendukung arahan Presiden tersebut.

Namun, ia memastikan bahwa setelah Inpres harus ada Permendagri sehingga Pemprov Jatim akan menunggu keluarnya aturan lanjutan untuk pengadaan kendaraan listriknya.

“Kalau sudah ada inpresnya, maka kami menunggu keluarnya Permendagri. Pasti kami mendukung, kalau memungkinkan bahkan di tahun ini maka kami akan coba alokasikan,” tegas Adhy, saat diwawancara usai Sidang Paripurna di DPRD Jatim, Kamis (15/9/2022).

Secara pribadi, Adhy mengaku setuju dengan arahan Presiden untuk penggunaan mobil listrik.

Menurutnya dengan beralih ke kendaraan listrik, maka akan lebih ramah lingkungan dan lebih efisien dibandingkan menggunakan BBM.

“Saya setuju, karena itu sudah inpres dan pasti akan lebih efisien kalau menggunakan mobil listrik. Kami dukung. Tapi kami tunggu permendagri, baru kami lakukan alokasi perubahan,” tambahnya.

Lebih lanjut Adhy menyebutkan, untuk pengalokasikan pengadaan mobil listrik di tahun 2022 masih memungkinkan meski PAK APBD 2022 telah digedok.

Menurutnya, bisa dilakukan perubahan pengadaan mobil dengan pengalihan spesifikasi mobil. Dari pengadaan mobil bahan bakar minyak ke mobil listrik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved