Berita Tuban

Pasar Hewan Tuban Batal Dibuka Akhir Pekan Ini, Dinas KUKMP Baru Rencanakan Akhir Bulan

memang semula ada rencana pembukaan pasar semua pasar yang selama ini ditutup akibat terdampak PMK.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sudarsono
Suasana pasar hewan Tuban yang masih ramai sebelum penutupan akibat wabah PMK. 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Para pedagang hewan ternak di Kabupaten Tuban kembali harus menunggu setelah rencana pembukaan pasar hewan akhir pekan ini, ternyata batal dilaksanakan.

Batalnya pembukaan pasar-pasar hewan pasca wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) itu, setelah dilakukan rapat koordinasi antara Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.

Selain kedua instansi itu, koordinasi juga melibatkan beberapa pihak yang ikut dalam penanganan PMK. Keputusannya, tidak ada pasar hewan di Tuban yang bisa dibuka, Minggu (18/9/2022).

"Perihal rencana pembukaan pasar hewan tersebut belum bisa dilakukan pada Minggu ini," kata Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, usai rapat koordinasi, Kamis (15/9/2022).

Mantan Kabag Humas Pemkab itu menjelaskan, memang semula ada rencana pembukaan pasar semua pasar yang selama ini ditutup akibat terdampak PMK. Di antaranya, pasar hewan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban yang sudah ditutup sejak awal Juli lalu.

Kemudian pasar hewan di Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek ditutup mulai Senin (12/7/2021). Kemudian pasar hewan di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo ditutup mulai Jumat (9/7/2021). Hal itu juga berlaku pada paar hewan yang di Kecamatan Parengan.

Dengan pembatalan itu, KUKMP pun memperkirakan bahwa rencana pembukaan pasar hewan harus dijadwal ulang, kemungkinan pada akhir September. "Rencana dibuka pada Minggu (25/9/2022), berlaku untuk semua pasar hewan," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved