Berita Surabaya

Berniat Hijaukan Kota Surabaya, Siswa SDN Ketabang I Deklarasikan Kampung Binahong

Seorang siswa SDN Ketabang I Surabaya, Andrew Ionesta mendeklarasikan Kampung Binahong bersama masyarakat dan pemerintah setempat, Kamis (15/9/2022).

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Siswa SDN Ketabang I Surabaya, Andrew Ionesta mendeklarasikan Kampung Binahong, bersama masyarakat dan dinas terkait Jalan Setro 2, Kamis (15/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Seorang siswa SDN Ketabang I Surabaya, Andrew Ionesta mendeklarasikan Kampung Binahong di Jalan Setro 2, bersama masyarakat dan pemerintah setempat, Kamis (15/9/2022).

Tak ketinggalan, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Achmad Eka Mardijanto.

Andrew Ionesta mengatakan, melalui Deklarasi Kampung Binahong diajarkan pengenalan produk dari olahan Tanaman Binahong, Rumah Induk Binahong serta Workshop Pelatihan Produk Kecantikan dan Kesehatan.

"Kemudian juga ada Taman Pembibitan. Warga diberikan pemahaman cara menanam Bibit Tanaman Binahong," tutur Andrew.

Menurutnya, semua warga yang berada di kampung tersebut dikasih bibit tanaman yang nantinya bisa dijadikan produk olahan mulai dari roti kukus, aneka kue, makanan ringan hingga rempeyek.

"Tujuan tanam binahong menanam sebanyak ini adalah mau menghijaukan Kota Pahlawan, dengan tanaman itu yang kaya khasiat dan salah satu termasuk tanaman obat keluarga," jelasnya.

"Khasiatnya banyak, mulai menyembuhkan luka luar dalam, minuman kesehatan, hingga menghilangkan racun di dalam tubuh. Awalnya saya belajar dari orang tua dan guru pendamping, sejak 8 bulan dari Januari," paparnya.

Saat ini, lanjut dia, jumlah tanaman sudah lebih dari belasan ribu tanaman yang tersebar di berbagai tempat. Rinciannya ada 2000 tanaman di rumah dan sekolah.

"Lalu sekitar 15 ribu di kampung-kampung binahong yang saat ini bertambah 5 yaiu di Dukuh Setro, Driyorejo, Kranggan, Rusun Tanah Merah dan Setro 2," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved