Berita Surabaya

Rintis Website Wisata, Untag Surabaya Dampingi Kampung Adat Segunung Kabupaten Jombang

Meningkatkan potensi Kampung Adat Segunung, Desa Carangwulung, kabupaten Jombang dengan merintis website wisata.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Untag Surabaya
Tim pengabdian masyarakat Untavg Surabaya beserta para karang taruna Kampung Adat mencoba menulis untuk artikel website sebagai ajang praktek secara langsung. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Mengenalkan potensi desa merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian warga yang ideal.

Dengan era digital, pengenalan potensi desa semakin mudah dengan menyediakan platform yang mengenalkan desa tersebut.

Hal ini mendorong tim dosen dan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya untuk berupaya meningkatkan potensi Kampung Adat Segunung, Desa Carangwulung, kabupaten Jombang dengan merintis website wisata.

Tim yang diketuai Dinda Lisna Amilia SSos MA dengan anggota Amalia Nurul Muthmainnah SIKom MA serta dua mahasiswa yang terlibat yaitu Abyudaya Nechallino Faisal dan Windy Putri Ramadhani ini sebelumnya telah melakukan melakukan diskusi dengan Sekretaris Dusun Kampung Adat Segunung, Imam Rofi’i selama dua hari, yaitu 11 dan 12 Agustus 20222

“Sebelum ini, kami sudah melakukan survei ke sini dan mendapati tempat ini sedang merintis branding sebagai kampung wisata. Mereka baru membuat website wisata, jadi pas sekali kami di sini bisa kontribusi untuk pendampingan penulisan website-nya,” papar Dinda.

Setelah mendapatkan cukup pemahaman dari sekretaris dusun, keesokan harinya Dinda dan tim langsung melakukan pemaparan materi mengenai bagaimana menulis konten berita yang menarik pada website.

Sehingga mendukung dalam melakukan promosi dan penyebaran informasi wisata di Dusun Adat Segunung Carangwulung Jombang.

"Inti materi yaitu menjelaskan mengenai pengetahuan dasar dalam memproduksi karya tulis diantaranya mengenai konsistensi kepenulisan, rumus penulisan 5W+1H, penjelasan mengenai jenis-jenis naskah kepenulisan untuk website wisata (Straight News, Feature, dan Testimony) dan tidak lupa dengan bentuk contoh kepenulisannya," urainya.

Setelah materi telah selesai disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama dengan para partisipan yang terlibat dan akhiri dengan pembagian merchandise lalu foto bersama.

Minggu depannya, di hari yang sama yaitu Kamis dan Jumat (18-19/8/2022), tim pengabdian masyarakat Untag Surabaya ini datang kembali dengan formasi yang sama.

Minggu tersebut, tim beserta para karang taruna yang telah menerima materi penulisan sebelumnya mencoba menulis sebagai ajang praktek secara langsung.

Salah satu peserta, Indah Dwi mengatakan kegiatan tersebut menjadi pengalaman pertama untuk terjun di dunia penulisan secara langsung.

“Berasa jadi reporter beneran, nulis berita lalu lihat berita yang kita tulis dipublikasikan di website, semoga bisa menjadi penyebar kabar baik tentang keberadaan kampong adat Segunung yang menarik untuk wisata,” paparnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved