Berita Surabaya

Menko Airlangga Hartarto Minta Pemda Lakukan 8 Langkah untuk Stabilkan Harga dan Kendalikan Inflasi

Menko Airlangga Hartarto menyebut ada delapan langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Handi Lestari
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Rakorpusda Pengendalian Inflasi 2022 di Surabaya, Rabu (14/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyebut ada delapan langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah (Pemda) dalam menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi di daerah.

Hal itu diungkapkan Menko Airlangga saat hadir dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Surabaya, Rabu (14/9/2022).

"Langkah pertama, memperluas kerja sama antar daerah, terutama untuk daerah surplus atau defisit dalam menjaga ketersediaan suplai komoditas," kata Airlangga.

Kedua, melaksanakan operasi pasar dalam memastikan keterjangkauan harga dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Kemudian, ketiga, pemanfaatan platform perdagangan digital untuk memperlancar distribusi.

"Keempat, menggunakan anggaran belanja tidak terduga dalam pengendalian inflasi. Mengoptimalkan dana alokasi khusus (DAK) fisik untuk tematik ketahanan pangan dan pemanfaatan 2 persen dana transfer umum (DTU) untuk membantu sektor transportasi dan tambahan perlindungan sosial," jelas Airlangga dalam acara yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo tersebut.

Selanjutnya, kelima, Airlangga menyebut, langkah dengan mempercepat implementasi program, tanam pangan pekarangan. Misalnya cabai untuk mengantisipasi tingginya permintaan di akhir tahun.

Keenam, menyusun neraca komoditas pangan strategis oleh seluruh pemerintah daerah. Dan ketujuh, memperkuat sarana prasarana penyimpanan produk hasil panen terutama di daerah sentra produksi.

"Kedelapan atau terakhir, adalah dengan memperkuat sinergi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) untuk mempercepat stabilisasi harga," ungkap Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menegaskan, bila kedelapan langkah ini dilakukan seluruh pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten, paling tidak bisa menahan inflasi hingga tidak melebihi pertumbuhan ekonomi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved