Surya Militer

VIDEO Prajurit TNI Marah dan Kecam Effendi Simbolon Viral, Ini Respons TNI AD dan Praktisi Intelejen

Beredar video prajurit TNI marah dan ramai-ramai mengecam Effendi Simbolon viral di media sosial imbas penyebutan TNI seperti gerombolan dan ormas.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase Kompas.com/Tribunnews.com
Video prajurit TNI ramai-ramai marah dan mengecam politisi PDIP, Effendi Simbolon viral di media sosial. Pihak Pusat Penerangan TNI AD pun memberikan respons serta praktisi Intelejen memberikan analisis. 

SURYA.co.id | CILEGON - Beredar video prajurit TNI marah dan ramai-ramai mengecam Effendi Simbolon viral di media sosial imbas penyebutan TNI seperti gerombolan dan organisasi masyarakat (ormas). 

Para prajurit TNI yang sebagian besar dari tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) tersebut menuntut supaya politisi PDIP itu minta maaf.

Para prajurit TNI itu tak terima penyebutan gerombolan atau ormas yang disampaikan Effendi Simbolon saat rapat Komisi I DPR RI bersama jajaran TNI dan Kementerian Pertahanan pada 5 September 2022 lalu.

Awalnya, Effendi Simbolon mempertanyakan ketidakhadiran KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dalam rapat tersebut.

Ketidakhadrian Jenderal Dudung itu pun disimpulkan oleh Effendi Simbolon ada ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD.  

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com pada Selasa (13/9/2022), beredar video di media sosial berisi pernyataan sejumlah prajurit TNI yang tidak terima atas pernyataan Effendi.

Dalam salah satu video yang beredar berdurasi 22 detik, tampak seorang prajurit TNI bersama dengan sejumlah prajurit lainnya meminta klarifikasi Effendi terkait pernyataannya.

"Hai Effendi Simbolon apa maksud Saudara mengatakan TNI seperti gerombolan, lebih-lebih dari ormas. Kami tidak terima. Jangan adu domba TNI. TNI tetap solid. Kami tunggu klarifikasi anda. Bravo TNI!" kata prajurit dalam video tersebut.

Di artikel di bawah ini, Anda juga bisa mendapatkan ulasan tentang respons dari Pusat Penerangan TNI AD dalam menanggapi beredarnya video kecaman dari prajurit TNI.

Selain itu, ada analisa dari praktisi Intelejen yang menduga ada agenda terselubung dari effendi Simbolon dengan ucapannya.

Tak ada instruksi dari TNI AD

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari menanggapi video dan pernyataan dari beberapa prajurit TNI terkait ucapan Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon terkait prajurit TNI.

Pernyataan Effendi yang dimaksud disampaikan pada saat Rapat Komisi I DPR RI bersama jajaran TNI dan Kementerian Pertahanan pada 5 September 2022 lalu.

Hamim mengatakan saat ini siapapun bisa menyampaikan dan mengakses apapun melalui medsos.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved