Berita Surabaya

Pemerintah Lakukan Percepatan 'Kebijakan Satu Peta' Lewat Rakernas Pada 4 Oktober 2022 Mendatang

Pemerintah akan menggenjot pelaksanaan percepatan Kebijakan Satu Peta dengan mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) pada 4 Oktober 2022.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
IST
Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo (ketiga dari kiri) seusai memberi penjelasan terkait Pemerintah akan menggenjot pelaksanaan percepatan Kebijakan Satu Peta dengan mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) pada 4 Oktober 2022, yang disampaikan secara virtual media briefing, Selasa (13/9/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan Pemerintah akan menggenjot pelaksanaan percepatan Kebijakan Satu Peta dengan mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) pada 4 Oktober 2022.

“Kami melakukan percepatan penyelesaian dari rencana aksi yang telah disusun kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” kata Wahyu dalam Virtual Media Briefing Sosialisasi Kebijakan Satu Peta, Selasa (13/9/2022).

Wahyu mengatakan setiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah telah mempunyai rencana yang kemudian akan dibedah masing-masing detail dan titik permasalahannya di Rakernas yang akan dilaksanakan di Jakarta dengan lebih dari 500 total target peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Sehingga kami punya solusi yang bisa mulai kami rencanakan dan kami harapkan di semester 1 2024 rencana aksi sudah terpetakan dengan baik dan dijadikan komitmen bersama,” kata Wahyu.

Secara rinci, tujuan pelaksanaan Rakernas Kebijakan Satu Peta terdiri dari penyampaian kemajuan pelaksanaan Kebijakan Satu Peta dan penyelesaian Ketidaksesuaian Pemanfaatan Ruang, sosialisasi sistem informasi untuk mendukung Kebijakan Satu Peta serta pembahasan ide,gagasan dan terobosan dalam menjawab tantangan pelaksanaan Kebijakan Satu Peta dan Penyelesaian Ketidaksesuaian Pemanfaatan Ruang.

Rakernas yang turut mengundang perguruan tinggi, mitra pembangunan dan asosiasi tersebut, yang terdiri dari 3 rangkaian acara.

"Pertama, pre-event berupa kompetisi poster & video Kebijakan Satu Peta dan media gathering," ujar Wahyu.

Kedua, main-event yang diantaranya forum menteri, peluncuran Sistem Informasi Peta Indikatif Tumpang Tindih IGT (SIPITTI), dialog interaktif hingga rapat kerja nasional.

“Dalam Rakernas Kebijakan Satu Peta terdapat Satgas 3 yaitu berbagi data dan informasi geospasial yang satu hal yang mungkin akan ditunggu-tunggu yang konsepnya sudah ada dalam Perpres dan juga sudah direvisi,” ungkap Wahyu.

Untuk side-event akan diadakan diorama linimasa Kebijakan Satu Peta mengenai perjalanan 6 tahun pencapaian Kebijakan Satu Peta dalam Kegiatan Kompilasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Berbagi Pakai Data untuk mendorong kemajuan pembangunan Indonesia dan ekshibisi Kebijakan Satu Peta untuk Indonesia.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved