Berita Kota Pasuruan

Puji Liga Tarkam Kota Pasuruan Menghibur Seperti Liga Inggris, Gus Ipul Akan Jadikan Agenda Tahunan

"Kalau kita nonton siaran langsungnya, Liga Tarkam kita ini sudah seperti Liga Inggris," puji Gus Ipul

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf berpose dengan Tim Purworejo FC yang menjadi juara Liga Tarkam 2022 di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Senin (12/8/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA PASURUAN - Selain menggelar turnamen bola voli antar kampung (tarkam), gelaran liga sepakbola tarkam di Kota Pasuruan ternyata tidak kalah meriah dibandingkan pertandingan kelas nasional.

Terbukti, Liga Tarkam II piala Wali Kota Pasuruan yang menyelesaikan partai puncak, Senin (12/9/2022), sukses digelar lewat suguhan pertandingan yang enak dilihat dan aman untuk penonton.

Liga Tarkam ini merupakan tahun kedua setelah tahun lalu juga digelar. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengaku bersyukur karena liga tarkam itu berjalan lancar dan sukses, serta minim gesekan antarpenonton dan suporter dari masing-masing desa.

“Alhamdulillah tahun kedua ini sukses. Tidak hanya gelarannya tetapi saya melihat telah muncul bibit-bibit muda pemain bola dari Kota Pasuruan,” kata Gus Ipul usai menutup Liga Tarkam II di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Senin (12/8/2022).

Dengan tema “Golek Sehat Golek Seneng”, Liga Tarkam dimaksudkan untuk memberikan hiburan serta untuk mengolahragakan masyarakat sekaligus mencari bibit muda pemain bola.

Menurutnya, meski merupakan kompetisi tingkat desa namun kalau dikemas dengan baik serta mampu menyatukan semua elemen masyarakat maka bisa menjadi tontonan menghibur. Selain itu, lewat level antar kampung inilah, Kota Pasuruan bisa memantau serta membina pemain potensial dari tataran bawah yang belum berkesempatan menampilkan bakat terbaiknya.

"Kalau pemainnya baik, wasitnya baik, suporternya baik maka akan menghasilkan pertandingan yang baik dan nyaman untuk ditonton kakek-nenek orang tua dan anak-anak. Namun jika pertandingannya menyeramkan, maka tidak akan bisa menjadi tontonan keluarga" kata Gus Ipul.

Karena itulah, sejak awal panitia sengaja membuat aturan jika pemain melakukan kekerasan dengan memukul pemain lawan atau wasit, maka tidak akan diizinkan mengikuti liga lagi ke depannya.

Secara khusus Gus Ipul mengapresiasi adanya siaran langsung Liga Tarkam 2022 oleh live streaming YouTube radio Ramapati Diskominfotik Kota Pasuruan. Gus Ipul juga berjanji akan menjadikan Liga Tarkam sebagai Event tahunan di Kota Pasuruan.

"Kalau kita nonton siaran langsungnya, Liga Tarkam kita ini sudah seperti Liga Inggris," puji Gus Ipul disambut gelak dan tepuk tangan penonton.

Sementara final Liga Tarkam kali ini mempertemukan tim Purworejo FC melawan Petahunan United, yang berakhir 4-0 untuk kemenangan Purworejo.

Pada pertandingan tersebut, Purworejo FC mendominasi jalannya pertandingan sejak awal laga dimulai. Bahkan Purworejo FC yang berkostum biru biru unggul cepat di awal babak pertama.

Ketinggalan satu gol, Petahunan United berusaha menyamakan kedudukan. Namun sayang, usaha keras arek-arek Petahunan masih membentur rapatnya pertahanan kokoh Purworejo FC.

Dengan final itu maka Kelurahan Purworejo menjadi juara Liga Tarkam Walikota Cup II Tahun 2022, dengan runner up adalah Kelurahan Tahunan. Kemudian peringkat 3 dan 4 masing-masing diraih Kelurahan Ngemplakrejo dan Kelurahan Trajeng.

Kategori pemain terbaik diraih Zanuar Ardani dari Purworejo FC, sedangkan Armediansyah dari tim Ngemplak Rejo menjadi topskor Liga Tarkam 2022 dengan 13 gol. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved