Doa Bulan Safar Teks Arab dan Artinya, Agar Dijauhkan dari Bala Musibah

Bacaan doa bulan safar lengkap artinya. Doa tolak balak yang penuh dengan kebaikan.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah
Canva
Ilustrasi - doa bulan safar untuk tolak bala 

SURYA.CO.ID - Doa Bulan Safar dapat dibaca saat umat Muslim memasuki Bulan Safar, yaitu bulan ke-2 dalam kalender Hijriyah.

Bacaan Doa Bulan Safar penuh dengan harapan-harapan baik, agar senantiasa mendapat perlindungan dan pertolongan Allah SWT.

Isi lain dari Doa Bulan Safar adalah kalimat keimanan yaitu menaruh harap hanya pada Allah SWT.

Menurut sejarah, orang Arab jahiliyah menganggap Bulan Safar sebagai bulan penuh kesialan. Mereka menganggap Allah SWT menurunkan kemarahan dan hukuman ke dunia, khususnya pada Rabu terakhir di Bulan Safar.

Mempercayai Bulan Safar sebagai bulan sial merupakan mitos dan langsung dibantah Rasulullah SAW dalam hadist.

Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallah 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah, tidak ada kesialan karena burung hantu, tidak ada kesialan pada Bulan Safar." [H.R. Bukhari 5437, Muslim 2220, Abu Dawud 3911, Ahmad (II/327)].

Rebo Weksan

Di Tanah Air, masyarakat Indonesia mengenal hari Rabu terakhir di Bulan Safar dengan sebutan Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan.

Aktivitas sebagian umat Muslim saat Rebo Wekasan biasanya menggelar tahlilan, dzikir bersama, berbagi makanan atau slametan. Semua aktivitas tersebut dilakukan dengan mengharap ridho Allah SWT. 

Berikut Doa Bulan Safar teks Arab dan artinya

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved