Berita Kediri

Bupati Kediri Mas Dhito Gaungkan Cerita Panji Hingga ke Taman Mini Indonesia Indah

Selain mengenalkan kekayaan budaya Kabupaten Kediri, hal ini juga merupakan upaya untuk merawat legenda Panji

Penulis: Luthfi Husnika | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Kediri
Gelaran seni di Anjungan Jawa Timur TMII pada Minggu (11/9/2022). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Seusai ditemukan harta karun berupa induk dari Cerita Panji saat Forum Group Discussion (FGD) bersama budayawan Sujiwo Tejo dan Butet Kartaredjasa pertengahan Agustus lalu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kembali menggaungkan cerita Panji Hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selain mengenalkan kekayaan budaya Kabupaten Kediri, hal ini juga merupakan upaya bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu untuk merawat legenda Panji itu sebagai identitas wilayahnya.

Selain gelaran seni di Anjungan Jawa Timur TMII pada Minggu (11/9/2022) itu, Mas Dhito juga mempromosikan produk-produk unggulan Bumi Panjalu.

Mulai nanas kelud, kopi, rosela, serta produk UMKM unggulan lainnya.

Dalam sambutan Mas Dhito yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, menyampaikan Kediri adalah punjer dan gudangnya legenda.

Terutama kisah panji dimana Kediri menjadi rahim lahirnya kisah legenda panji yang telah menyebar ke seluruh dunia.

“Senandika Loh Jinawi ini hadir dalam rangka mengangkat cerita lokal sebagai bentuk penghargaan kepada para leluhur akan sejarah maupun karya legendanya,” jelas Wabup yang akrab disapa Mbak Dewi itu.

Di sisi lain, gelaran yang menampilkan Sendratari dengan cerita Senandika Kadiri Loh Jinawi ini juga menjadi obat rindu bagi seluruh warga Kediri yang berdomisili di Jakarta.

“Semoga yang kami sajikan bisa memberikan hiburan bagi pengunjung dan khususnya warga Kabupaten Kediri yang hadir kesempatan ini,” harap Wabup Dewi.

Sebelumnya, dalam FGD bersama Sujiwo Tejo dan Butet Kertaredjasa di Sendang Tirto Kamandanu, diketahui Kediri merupakan induk atau pusatnya cerita panji yang sekarang telah berkembang hingga Asia.

Butet menyebutkan di Thailand dan negara-negara Asia saat ini mengembangkan Cerita Panji yang sumbernya berasal dari Kediri.

“Jadi ibu kota cerita-cerita tentang Panji itu di sini, puncak kebudayaan yang tidak hanya mempengaruhi Indonesia, tapi mempengaruhi ASIA,” terang Butet.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved