Berita Malang Raya

Banjir di Dua Desa Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, 30 Rumah Sempat Tergenang Air

Data terbaru menjelaskan diperkirakan 30 rumah sempat tergenang air. Genangan ini terjadi di sekitar sungai Penguluran.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/erwin wicaksono
Banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Kedung Banteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Minggu (11/9/2022). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Polres Malang bersama petugas gabungan mendirikan dapur umum di lokasi banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

"Anggota Polres, Kodim dan BPBD sudah siaga di sana, kita siapkan juga dapur umum dan persiapan evakuasi jika memang debit air terus naik, " tegas Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.

Ferli menerima hasil laporan pantauan Polsek Sumbermanjing Wetan jika kondisi aliran sungai Sitiarjo mengalami penurunan debit air sebesar 70 centimeter.

"Di jalan raya selatan jembatan Sitiarjo sudah tidak ada genangan air. Saat ini hujan sudah mulai reda, dan kendaraan sudah bisa melintas" beber Ferli.

Baca juga: Karnaval Zero PMK di Desa Brangkal Gresik, Hujan Deras Tak Surutkan Antusiasme Peserta

Data terbaru menjelaskan diperkirakan 30 rumah sempat tergenang air.

Genangan ini terjadi di sekitar sungai Penguluran.

"Akses jalan menuju Sendangbiru sempar terhambat namun sudah bisa dilalui roda 2 maupun roda 4. Wilayah barat Pasar Sitiarjo menuju arah Gunung Tumo Dusun Krajan Kulon sempat mengalami luapan air berketinggian air 20 centimeter sampai dengan 1 meter dari permukaan jalan kampung," jelasnya.

Banjir Terjang Dua Desa

Sebelumnya banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Kedung Banteng,
Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Minggu (11/9/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan hujan intensitas tinggi sejak Sabtu (10/9/2022) diduga jadi pemicu terjadinya banjir di dua desa wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan tersebut.

"Alhasil berdampak pada debit air di sungai Panguluran di Desa Sitiarjo meningkat dan terjadi luapan air dan berdampak ke beberapa rumah warga. Genangan air setinggi 20 cm hingga 1 meter dan terjadi longsor di Desa Kedungbanteng," terang Sadono ketika dikonfirmasi.

Sadono mengatakan dampak banjir cukup masif. Di Sitiarjo setidaknya terdapat 28 rumah terdampak banjir.

"Sedangkan di Desa Kedung Banteng berdampak pada teras rumah warga longsor pada pondasinya serta poros Jalan longsor bahu jalan," tuturnya.

Terakhir, Sadono mengatakan jika tim reaksi cepat masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan mitigasi banjir.

"BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, Tagana Sumbermanjing Wetan, Tim Tangguh Bencana Sitiarjo, Koramil 0818/16 Sumbermanjing Wetan, polsek dan perangkat pemerintah setempat terus melakukan penanganan banjir hingga kini," tutupnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved