Berita Surabaya

Satlantas Polrestabes Surabaya Gelar Roadshow Kampanye Cegah Anak Berkendara di Bawah Umur

Cegah anak berkendara di bawah umur menjadi kampanye dalam kegiatan pawai anak-anak SD di Surabaya

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Rahadian Bagus
dok.ist
Cegah Anak Berkendara di Bawah Umur menjadi kampanye dalam pawai anak-anak SD di Surabaya, Road Show Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), di sekitar jalanan depan Taman Bungkul, Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Minggu (11/9/2022). 

SURYA.CO.ID|SURABAYA- Cegah Anak Berkendara di bawah Umur menjadi kampanye dalam kegiatan pawai anak-anak SD di Surabaya, Road Show Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), Minggu (11/9/2022).

Acara yang berlangsung di sekitar jalanan depan Taman Bungkul, Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya, diikuti masyarakat Surabaya, terutama kalangan anak-anak. 

Seraya menyuguhkan kesemarakan pawai berkostum, lengkap dengan hiburan musik patrol yang dibawakan oleh siswa SD dan SMP dari perawakilan sekolah di Kota Pahlawan. 

Satlantas Polrestabes Surabaya ingin mengajak masyarakat terutama para orangtua untuk berpikir dua kali membiarkan anak-anaknya yang masih belum mengantongi SIM dan terkategori berusia di bawah umur, melenggang santai mengendarai motor di jalanan. 

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman mengungkapkan, perlunya orangtua mulai mewas diri untuk senantiasa menjaga anak-anaknya terhindar dari potensi kecelakaan lalu lintas, akibat mengemudikan kendaraan sebelum cukup usia dan tanpa mengantongi SIM. 

Pasalnya, di Kota Surabaya, dalam kurun sehari terjadi sekitar 3-4 kali bahkan lebih, insiden kecelakaan lalu lintasan. Dan kurun waktu kasus kecelakaan yang terjadi dalam rentang waktu 2-3 sekali, selalu mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. 

"Kami harapkan para warga kota Surabaya semakin sadar dan peduli dengan keselamatan berlalu lintas. Setiap hari terjadi 3 sampai 4 kecelakaan lalu lintas, setiap hari ada korban-korban kecelakaan lalu lintas luka berat berjatuhan, bahkan setiap 2 atau 3 hari sekali ada yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Kota Surabaya," ujarnya, Minggu (11/9/2022). 

Road Show Kamseltibcarlantas Surabaya yang juga digelar untuk memperingati HUT ke-67 Korps Lalu Lintas Polri itu, juga menyuguhkan kuis berhadiah benda keamanan berkendara; helm dan sebagainya, yang berkaitan dengan serba-serbi pengetahuan tentang rambu dan tertib berlalu lintas. 

"Di samping pawai dan music patrol, ada pula quiz berhadiah berupa helm, jaket dan vouhcer belanja yang dibagikan kepada pengunjung car free day saat menjawab pertanyaan dengan tepat," pungkasnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, mengatakan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Polri kepada masyarakat menggunakan Mobil Videotron Bidhumas dan Roadshow Kamseltibcar Lantas di Area Car Free Day.

"Kegiatan ini meliputi, Video Suara Hati Anak Polwan, Pemberangkatan Kompi Brimob Satgas Amole, Pengenalan Mobile Videotrone Polda Jatim dan Pagelaran Nusantara Gemilang," ujar mantan Kapolsek Wonokromo Polrestabes Surabaya itu. 

"Tema yang diambil dalam kegiatan ini yakni 'Suroboyo Tertib Lalulintas' yang meliputi kegiatan senam, mini pawai, penampilan pocil dan quiz yang bertujuan untuk menghimbau kepada masyarakat berkaitan dengan kamseltibcar lantas di Kota Surabaya," tambahnya. 

Kegiatan ini sendiri mendapat apresiasi dari masyarakat yang sedang melakukan senam dan jalan pagi di Taman Bungkul Surabaya. 

"Masyarakat juga sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan pagi tadi," pungkas mantan Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya itu. 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved