Berita Bangkalan

Bangkalan Diserbu Pendaftar Kejuaraan Renang Pelajar, Dispora Terpaksa Batasi Hanya 435 Peserta

Ratusan pelajar SD, SMP, dan SMA berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan, hingga Sumatera

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Deddy Humana
surya.co.id/ahmad faisol
Para peserta kejuaraan renang pelajar ‘Bangkalan Open Pelajar Swim 2022’ memperebutkan Piala Bupati Bangkalan di Kolam Renang Goa Pote Wisata Alam Bukit Jaddih, Desa Parseh, Kecamatan Socah, Minggu (11/9/2022). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Antusiasme masyarakat Indonesia untuk membina bibit perenang ternyata sangat tinggi. Begitu Kejuaraan Renang Pelajar 'Bangkalan Open Pelajar Swim 2022’ dibuka sampai Sabtu (10/9/2022) lalu, Bangkalan diserbu ratusan pendaftar dari berbagai daerah di Tanah Air, sehingga pelaksana lomba terpaksa membatasi jumlah peserta.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bangkalan dengan berat hati membatasi jumlah peserta lomba renang di Kolam Renang Goa Pote Wisata Alam Bukit Jaddih, Desa Parseh, Kecamatan Socah itu, Minggu (11/9/2022).

Padahal sehari sebelumnya, permintaan untuk pendaftaran masih terus berjalan. Lomba renang bertajuk, ‘Bangkalan Open Pelajar Swim 2022’ memperebutkan Piala Bupati Bangkalan itu awalnya menargetkan jumlah peserta hingga 300 pelajar.

“Padahal semalam telah kami tambah hingga membengkak di angka 435 peserta. Akhirnya kami putuskan sejumlah itu karena menurut jadwal, pelaksanaan diprediksi rampung hingga pukul 18.30 WIB,” ungkap Kepala Dispora Bangkalan, Ahmad Ahadian Hamid.

Ratusan perenang pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan, hingga Sumatera. Terdapat 25 nomor yang diperlombakan. Mulai dari siswa SD putra-puri kelahiran di bawah 2014, siswa SD putri-putri kelahiran 2011-2012.

Selain itu, siswa SMP kelahiran 2007-2009, dan siswa SMA kelahiran 2004-2006. Adapun gaya yang diperlombakan meliputi gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu. Lomba dimulai pada pukul 07.30 WIB.

“Kami terlecut dengan prestasi yang ditorehkan KONI Bangkalan pada Porprov Jatim 2022. Di mana Bangkalan mampu merangkak dari dasar klasemen, peringkat 38 naik ke peringkat 14. Bersama KONI Bangkalan ingin bersama-sama memajukan prestasi olahraga Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Bangkalan, Drs Mohni, MM mengaku respect dan bangga kepada masyarakat Desa Parseh khususnya pemilik atau pengelola Kolam Renang Goa Pote Bukit Jaddih atas terselenggaranya lomba renang pelajar nasional dengan berbagai kategori yang diperlombakan.

“Ini bagi kami tiada ternilai karena sarana atau lintasan sepanjang 50 meter ini baru ada di Bukit Jaddih Desa Parseh. Kami (Pemkab Bangkalan) pun belum mampu membangun kolam renang representatif seperti yang distandarkan Persatuan Renang Seluruh Indonesia,” ungkap Mohni dalam sambutannya.

Pemkab Bangkalan, lanjutnya, juga mengapresiasi seluruh peserta dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan, hingga Sumatera yang telah jauh-jauh hadir untuk mengikuti Bupati Cup ‘Bangkalan Open Pelajar Swim 2022’.

“Bapak Bupati Bangkalan menitipkan salam kepada seluruh peserta, ini sangat menggembirakan bagi kami Pemkab Bangkalan. Diharapkan Bupati Bangkalan Cup ini bisa dilanjutkan di masa-masa mendatang,” pungkasnya.

Selain Mohni, hadir pula Kepala Dispora Jatim, Pulung Chausar; Ketua KONI Bangkalan, Fauzan Jakfar, unsur Muspika Socah, Sekretaris DPRD Bangkalan, pemilik Kolam Renang Goa Pote, H Mustofa, hingga Kepala Desa Parseh, Ilyas beserta beberapa perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved